Isnin, 11 April 2011

ANTARA - Mancanegara

ANTARA - Mancanegara


Tokyo Diguncang Gempa 6,4 SR

Posted: 11 Apr 2011 08:34 PM PDT

(Antara News/USGS)

Berita Terkait

Video

Tokyo (ANTARA News) - Gempa berkekuatan besar yang berpusat di lepas pantai mengguncang Tokyo hari ini dengan membuat gedung-gedung di ibukota Jepang terayun, sementara layanan kereta bawah tanah terhenti.

AFP mengutip BMKG AS (US Geological Survey) menyebut gempa itu berkekuatan 6,4 SR di kedalaman 13,1 kilometer, 77 kilometer arah timur kota Tokyo.  Sementera Badan Meteorologi Jepang sendiri mengukur kekuatan gempa sebesar 6,3 SR.

Gempa itu mengguncang pada pukul 8.08 pagi di lepas pantai prefektur Chiba, timur ibukota. Para pakar Jepang mengatakan gempa itu tidak diikuti tsunami.

Belum ada laporan mengenai kerusakan, termasuk pada pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi yang sudah rusak dan sudah mengeluarkan materi radioaktif berbahaya sejak dirusak tsunami pada 11 Maret, kata Tokyo Electric Power Co seperti dikutip AFP.

Layanan kereta bawah tanah di Tokyo untuk sementara dihentikan, tetapi segera beroperasi kembali setelah itu.

Kyodo News melaporkan, landasan pesawat bandara internasional Narita di prefektur itu untuk sementara ditutup guna pengecekan tetapi sudah dibuka kembali.

Layanan kereta supercepat shinkansen yang beroperasi ke daerah selatan sejak gempa dan tsunami 11 Maret, untuk sementara dihentikan.

Koshun Yamaoka, profesor di Universitas Nagoya mengatakan kepada stasiun televisi NHK bahwa gempa terbaru itu adalah gempa susulan untuk gempa berkekuatan 9,0 SR pada 11 Maret yang membunuh lebih dari 13.000 jiwa dan 13.500 orang hilang.

"Kita harus mewaspadai gempa susulan, terutama dalam bulan pertama dan kedua setelah gempa pertama," kata dia.

Sejak 11 Maret, Jepang mengalami lebih dari 400 gempa susulan yang berkekuatan lebih dari 5 SR. (*)

Neny

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Keadaan PLTN Fukushima Membaik

Posted: 11 Apr 2011 07:44 PM PDT

Gambar yang diambil ketika ledakan terjadi fasilitas pembangkit listrik tenaga nuklir di Fukushima, Jepang.(istimewa)

Saya kira mereka telah melakukan upaya penanggulangan krisis yang amat sangat baik

Berita Terkait

New York (ANTARA News) - Panglima Komando Wilayah Pasifik, Amerika Serikat, Laksamana Robert Willard, pada Senin mengatakan keadaan di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima, yang rusak di wilayah Jepang timur laut akibat bencana, kini berangsur membaik.

"Saat ini saya pikir keadaan di Fukushima terus membaik pada setiap harinya," kata Willard saat jumpa pers di New York, sebagaimana dikutip dari Kyodo-OANA.

Ia mengatakan keadaan di PLTN itu "bukan tanpa resiko" dan pengawasan ketat terhadap perkembangan PLTN tersebut harus tetap dilakukan.

"Pengawasan ketat sangat penting dilakukan pada waktu ke depan," kata Willard.

Dia memuji penyuntikan nitrogen yang baru dilakukan kepada reaktor PLTN nomor 1 untuk mengurangi resiko ledakan hidrogen dengan berharap bahwa penyuntikan nitrogen serupa dilakukan terhadap reaktor no. 2 dan 3.

Willard juga memuji upaya pemerintah Jepang dalam menanggulangi masalah tersebut.

"Saya sangat menghargai pemerintah Jepang jika anda menyadari betapa besar upaya yang mereka lakukan hanya dalam empat pekan. Saya kira mereka telah melakukan upaya penanggulangan krisis yang amat sangat baik," Willard memuji pemerintah Jepang.

Mengenai bantuan militer AS di Jepang, panglima mengatakan bahwa anggota angkatan AS di Jepang telah membantu Pasukan Bela Diri negeri Sakura itu dalam menanggapi bencana.

"Sekitar 18 ribu anggota angkatan AS tiba dengan cepat untuk mendukung Pasukan Bela Diri Jepang di Honshu utara guna membantu bencana yang telah terjadi," tambah Willard.

Militer AS akan terus membantu Jepang hingga kawasan yang dilanda bencana dibangun kembali, tegas Willard.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Komen