Isnin, 27 Disember 2010

ANTARA - Hiburan

ANTARA - Hiburan


Warga Berebut Gunungan Ditengah Hujan Deras

Posted: 27 Dec 2010 06:07 AM PST

Senin, 27 Desember 2010 21:07 WIB | Hiburan | Seni/Teater/Budaya | Dibaca 311 kali

Bantul (ANTARA News) - Puluhan warga Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin sore di pelataran makam raja-raja Mataram di Imogiri, berebut hasil bumi yang terdapat di gunungan di tengah hujan deras.

Warga, baik laki-laki maupun perempuan yang terdiri dari anak kecil, remaja dan orang dewasa, bahkan orang tua, rela berhujan-hujanan demi mendapatkan hasil bumi yang dipajang di gunungan, usai diarak dalam Kirab Budaya.

Meski hujan deras hanya beberapa menit, saat terjadi rebutan hasil bumi itu, namun membuat semua warga yang berebut basah kuyup. Sebagian warga tidak mendapatkan hasil bumi karena kalah cepat dengan warga lain.

Menurut ketua panitia Kirab Budaya Sudirjo Pranoto, hasil bumi di gunungan usai diarak diyakini warga dapat membawa berkah, sehingga tradisi yang sudah cukup lama dilakukan setiap tahunnya itu, selalu dinanti warga.

"Dalam kirab budaya kali ini mengarak gunungan berisi hasil bumi dari warga sekitar untuk diperebutkan warga yang menyaksikan kirab budaya ini," katanya.

Ia mengatakan hasil bumi dari warga sekitar, yang di antaranya berbagai macam sayuran itu, sebagai wujud rasa syukur warga masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Esa yang dikemas dalam tradisi Kirab Budaya.

Menurut dia, Kirab Budaya diikuti sekitar 750 orang yang meliputi "bergodo" atau pasukan prajurit Imogiri, Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Imogiri, serta lurah se Kecamatan Imogiri dan "abdi dalem" Surakarta dan Ngayogyakarta.

Selain dihadiri ratusan warga sekitar maupun masyarakat pecinta seni budaya, juga hadir Bupati Bantul Sri Suryawidati beserta sejumlah pejabat pemerintah kabupaten setempat.

"Kirab budaya ini merupakan tradisi tahunan yang digelar pada bulan Muharram atau Suro, dengan harapan tradisi yang adiluhung dan religius ini dapat diwarisi generasi muda," katanya.

(ANT-068/M008/S026)

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Teena Marie Meninggal

Posted: 27 Dec 2010 12:38 AM PST

Los Angeles (ANTARA News) - Penyanyi R&B dan penulis lagu Teena Marie, yang terkenal karena singel hitnya pada 1980-an "Lovergirl" dan "Ooo La La La", meninggal pada usia 54 tahun, di rumahnya di Los Angeles, Amerika Serikat, Ahad (26/12), demikian laporan media.

Penyebab kematiannya tak diketahui, dan wanita jurubicaranya tak bersedia memberi komentar.

Temannya, pemain drum Sheila E., mengatakan di Twitter Teenar Marie memiliki sejarah serangan jantung.

Teena Marie, yang nama aslinya adalah Mary Brockert, semasa hidupnya adalah salah seorang penghibur kulit putih yang mengukir keberhasilan di kalangan jalur musik kulit hitam Amerika.

Teena Marie, yang berada di bawah naungan penyanyi fungk Rick James, menandatangani kesepakatan dengan Motown Records pada 1975 dan meluncurkan album pertamanya empat tahun kemudian. Album itu, yang kebanyakan ditulis oleh Rick James, membuat penggemarnya percaya bahwa Teena Marie berkulit hitam sebab album tersebut tak menampilkan gambar dirinya. Duetnya dengan Rick James di "I`m a Sucker For You" menempati urutan ke-8 di chart Black Singles Billboard.

"Sejak dulu aku selalu diterima oleh masyarakat kulit hitam dan aku kira itu menyenangkan," kata Teena Marie kepada majalah Jet pada 2006.

Ia meluncurkan 13 album sampai album "Conga Square" 2009. Di dalam album tersebut ia memberi penghargaan buat tokoh jazz, seperti Sarah Vaughn dan Billie Holiday.

Karir Teena Marie telah melonjak sejak 2004, ketika ia menandatangani kesepakatan dengan merek dagang rap New Orleans dan meluncurkan album pertamanya dalam satu dasawarsa. "La Dona" memulai debut dan bertengger di No.6 Billboard 200, untuk pertama kali ia pernah menembus 20 lagu teratas. Satu lagu dari album itu "Still in Love" membawa dia ke chart singel Hot 100 untuk pertama kali sejak 1988.

Dua albumnya, "It Must Be Magic" 1981 dan "Starchild" 1984, masing-masing terjual hingga 500.000 unit, demikian Recording Industry Association of America.

Teena Marie meninggalkan seorang putri, Alia Rose.(*)

Reuters/C003/T010

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan