Selasa, 23 Julai 2013

ANTARA - Mancanegara

ANTARA - Mancanegara


Demonstran tujuh jam kuasai Gedung Palemen Bulgaria

Posted: 23 Jul 2013 08:42 PM PDT

Sofia, Bulgaria (ANTARA NEWS) - Ratusan demonstran, Selasa, membentuk barikade di sekitar gedung parlemen Bulgaria; akibatnya lebih dari 100 legislator, beberapa menteri dan jurnalis terjebak di dalam bangunan selama lebih dari tujuh jam.

Aksi tersebut juga sempat diwarnai bentrokan singkat dengan pihak kepolisian.

Para demonstran tersebut menggunakan ubin-ubin trotoar dan tumpukan sampah untuk memblokade jalan menuju gedung parlemen. Mereka menuntut pemerintah sosialis di negara tersebut untuk membubarkan kabinet.

Sebelumnya, kepolisian sempat berusaha mengeluarkan orang-orang yang terjebak dalam gedung dengan bus. Namun usaha tersebut gagal setelah demonstran melempari bus dengan botol dan menghalangi kendaraan tersebut dengan duduk di jalanan.

Ratusan warga Bulgaria telah berdemonstrasi hampir setiap hari di Sofia sejak bulan lalu setelah pemerintah mengangkat seorang konglomerat media sebagai kepala keamanan. Kebijakan tersebut dinilai sebagai bukti adanya kepentingan pribadi dalam menjalankan institusi negara.

Pemerintah sendiri membatalkan pengangkatan tersebut, namun langkah itu gagal menghentikan amarah publik di negara paling miskin dan paling korup di Uni Eropa.

Akibat bentrokan singkat pada Selasa, tujuh orang dikabarkan terluka dan dua petugas kepolisian mengalami nasib yang sama.

Sementara itu Presiden Rosen Plevneliev meminta demonstran dan polisi untuk bekerja sama menjaga aksi masa berjalan dengan damai.

"Saya meminta kepada demonstran untuk menyampaikan pendapatnya dengan damai dan beradap sehingga nilai-nilai demokrasi tetap terjaga," kata Plevneliev.

Di sisi lain, partai oposisi GERB mendesak Perdana Menteri Plamen Oresharski untuk mengundukan diri dan meminta presiden untuk mengadakan pertemuan darurat dengan dewan keamanan nasional.

Juru bicara parlemen Mikhail Mikov mengatakan rapat anggota yang dijadwalkan berlangsung Rabu akan dibatalkan sampai situasi kemanan dapat dikendalikan.

Menteri Dalam Negeri Bulgaria, Tsvelin Yovchev, mengatakan, kepolisian masih dapat mengamankan orang-orang yang terjebak di gedung parlemen.

Mesin jahit sumbangan China buat Fiji selesai September

Posted: 23 Jul 2013 08:39 PM PDT

Suva, Fiji (ANTARA News) - Mesin jahit, sumbangan dari Kementerian Urusan Perempuan China, buat semua desa di 14 provinsi di Fiji dijadwalkan selesai diberikan pada September 2013, demikian laporan pers setempat, Rabu.

Menteri Urusan Perempuan Fiji, Dr Jiko Luveni, mengatakan, semua desa dan kelompok perempuan di Fiji masing-masing akan memiliki dua mesin jahit sampai September, kata harian The Fiji Times, edisi daring.

"Kami telah membagikan mesin jahit buat desa dan kelompok perempuan dan dalam waktu dekat, kami akan menyelesaikan pembagian kami," kata Luveni sebagaimana dikutip oleh surat kabar itu.

Ia menambahkan hubungan bersahabat erat antara Federasi Perempuan dari Departemen Perempuan di Fiji dan semua Federasi Perempuan China telah menguntungkan 850 kelompok perempuan di seluruh Fiji, dari sumbangan sebanyak 17.000 mesin jahit.

"Mesin itu diberikan dengan tujuan membantu penerima memperbaiki hidup mereka. Perempuan dapat menjahit pakaian untuk dijual atau menjahit buat keperluan keluarga mereka," kata menteri tersebut.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan