Jumaat, 28 Jun 2013

ANTARA - Mancanegara

ANTARA - Mancanegara


Kubu Islam Mesir dukund keabsahan Presiden Moursi

Posted: 28 Jun 2013 08:20 PM PDT

Kairo (ANTARA News) - Ribuan orang Muslim di Mesir pada Jumat (28/6) berkumpul di Bundaran Al-Adawweya di Kota Nasr, Kairo, dalam pertemuan terbuka untuk mendukung keabsahan Presiden Mohamed Moursi.

Pawai terbuka tersebut digelar oleh lebih dari 30 partai Islam sebelum protes anti-Moursi yang direncanakan oposisi pada 30 Juni, bersamaan dengan peringatan setahun pertama masa jabatan Moursi.

Anggota Partai Kebebasan dan Keadilan (Ikhwanul Muslimin), Partai Pembangunan dan Pengembangan (Al-Jamaa al-Islamiya), dan partai Wattan yang beraliran Salafi mempelopori pertemuan pada Jumat. 

Mereka berikrar tak akan membiarkan "kudeta terhadap legitimasi", merujuk Moursi sebagai presiden yang dipilih secara bebas dan sah, demikian laporan kantor berita Xinhua.

Para demonstran juga mengumumkan penyiapan aksi pawai terbuka lain pada 30 Juni untuk mendukung Moursi terhadap melawan demonstran anti-presiden yang diatur oleh kaum liberal pada hari yang sama.

"Tinggikan suara kalian, jangan takut, tak ada kekuasaan buat kaum liberal", "Mesir adalah Islami", "Oh kaum liberal, kalian takkan menguasai Mesir lagi", demikian teriakan para pengunjuk-rasa.

Sementara ratusan pemrotes dari kubu liberal yang dipimpin oleh Tamarrud Campaign, Popular Current, Gerakan 6 April dan yang lain pada Jumat berkumpul di Bundaran At-Tahrir di pusat kota Kairo guna mendesak Moursi mundur.

Penerjemah: Chaidar Abdullah

Kondisi Mandela terus membaik

Posted: 28 Jun 2013 07:49 PM PDT

Johannesburg (ANTARA News) - Kondisi mantan presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela, terus membaik, kata mantan istri Mandela, Winnie Madikizela-Mandela, Jumat (28/6).

"Saya bukan dokter, tapi saya dapat mengatakan dari apa kondisinya beberapa lalu lalu, ada peningkatan sangat besar," kata Winnie di Soweto, bagian timur-laut Johannesburg. 

Keluarga Mandela gembira bahwa kondisinya memperlihatkan "peningkatan besar" dibandingkan dua hari sebelumnya, katanya seperti dikutip South African Broadcasting Corporation (SABC).

Winnie berbicara di satu rumah tempat Mandela tinggal sebelum ia dijebloskan ke dalam penjara.


Jumat (28/6) adalah hari ke-21 Mandela berada di rumah sakit, tempat ia menerima perawatan karena infeksi paru-paru. 

Ini adalah perawatan rumah sakit paling lama yang dijalani Mandela sejak Desember lalu, demikian menurut laporan kantor berita Xinhua.

Penerjemah: Chaidar Abdullah

Tiada ulasan:

Catat Ulasan