Khamis, 20 Jun 2013

ANTARA - Hiburan

ANTARA - Hiburan


Festival Apeman kembali digelar di Malioboro Yogyakarta

Posted: 20 Jun 2013 06:18 AM PDT

Yogyakarta (ANTARA News) - Berbagai komunitas di kawasan Malioboro menyiapkan Festival Apeman selama sekitar hampir dua pekan dimulai pada 23 Juni hingga 6 Juli untuk menyambut wisatawan yang datang ke kawasan tersebut.

"Terdapat berbagai rangkaian kegiatan dalam festival tersebut sebelum digelar acara puncak berupa kirab apem pada 6 Juli," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Malioboro Syarif Teguh di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, tradisi festival apeman tersebut sudah digelar secara rutin selama tiga tahun terakhir oleh komunitas di Malioboro. Selain untuk menyambut wisatawan, kegiatan tersebut juga merupakan tradisi masyarakat menjelang Bulan Puasa.

Kaum ibu dari komunitas Malioboro akan mulai membuat apem atau makanan tradisional yang terbuat dari beras ketan pada 3-5 Juli yang kemudian dibagikan kepada pengunjung.

Selain membuat apem untuk pengunjung, kaum ibu tersebut juga akan membuat sebanyak 2.013 buah apem yang akan dikirab dalam acara puncak. Kirab apem tersebut akan dilaksanakan dari Kantor UPT Malioboro hingga Komplek Kepatihan.

Selain kirab apem, dalam festival tersebut juga dilaksanakan sejumlah rangkaian acara lain seperti pameran instalasi seni luar ruang, dan pertunjukan budaya di sepanjang kawasan Malioboro.

"Melalui kegiatan ini, kami tidak hanya ingin menunjukkan tradisi apeman saja, tetapi kegiatan ini merupakan simbol bahwa Malioboro merupakan pusat kebudayaan sejak dulu kala," katanya.

Syarif mengatakan, sepanjang Juni hingga Juli, terdapat sejumlah kegiatan di Malioboro dan sekitarnya yang diperkirakan akan menjadi magnet dalam mendatangkan wisatawan ke kawasan tersebut.

Kegiatan tersebut di antaranya, Pasar Kangen Jogja, Festival Malioboro, Festival Kesenian Yogyakarta yang dipusatkan di Pasar Ngasem, Karnaval Kejuangan, parade drum band dan sejumlah kegiatan lain.

Uniqlo buka toko pertama di Jakarta 22 Juni

Posted: 20 Jun 2013 03:27 AM PDT

Jakarta (ANTARA News) - Uniqlo, merek pakaian asal Jepang, akan membuka ritel pertama di Indonesia, yaitu di Lotte Shopping Avenue, Kuningan, Jakarta, pada 22 Juni mendatang.

"Di Asia, Indonesia punya potensi dan memiliki kedudukan penting karena memiliki jumlah penduduk yang besar," kata Tadashi Yanai, Chairman, President, dan CEO Fast Retailing di Jakarta, Kamis.

Yasuhiro Hayashi, Chief Operation Officer PT Fast Retailing Indonesia, menjelaskan bahwa Uniqlo tidak khawatir bersaing dengan ritel-ritel lain yang sudah ada di Indonesia.

"Kami yakin tidak ada saingan karena prinsip kami make for all, semua orang bisa memakai produk kami," tukasnya, menambahkan bahwa merek tersebut menyediakan pakaian untuk semua kalangan, dari anak-anak hingga dewasa.

Merek yang pertama kali berdiri pada 1984 di Hiroshima, Jepang itu telah memiliki lebih dari 1200 toko di 13 pasar dunia, seperti Jepang, Korea Selatan, Amerika Serikat, Hong Kong, Inggris, Prancis, Singapura, Malaysia, Thailand, dan Filipina.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan