Ahad, 17 Mac 2013

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Kuasai Gudang Senjata, Oposisi Suriah Rebut Roket Iran

Posted: 17 Mar 2013 11:01 AM PDT

DAMASKUS - Oposisi Suriah berhasil menguasai gudang senjata pemerintah yang ada di kota Allepo. Keberhasilan itu membuat pihak oposisi dapat menambah jumlah persenjataannya yang hingga kini terbatas.

"Militan oposisi berhasil menguasai gudang senjata di Desa Khan Toman yang terletak di wilayah Allepo bagian selatan, kesuksesan itu diraih setelah bertempur selama tiga hari lamanya," sebut seorang militan oposisi, seperti dikutip AFP, Minggu (17/3/2013).

"Ini senjata-senjata milik rezim Assad, ini roket kaliber 107 mm buatan Iran, tentara pemerintah seringkali menyerang kami dengan roket ini," ujar militan oposisi lainnya dalam sebuah video yang disebar di internet.

Selama ini Oposisi Suriah sering mengeluhkan kurangnya persenjataan yang mereka miliki. Kondisi itu berbanding terbalik dengan pasukan pemerintah yang melawan oposisi dengan persenjataan lengkap dan kendaraan tempur.

Di saat yang hampir bersamaan, kelompok oposisi mengabarkan pemerintah Suriah melancarkan serangan roket ke basis oposisi di wilayah Damaskus dan Homs. Serangan tersebut menyebabkan wraga di wilayah tersebut mengungsi untuk menghindar dari ancaman roket.

PBB menyatakan jumlah warga yang mengungsi keluar dari wilayah Suriah kini telah mencapai satu juta orang. Jumlah itu tidak termasuk warga yang terlantar di dalam wilayah Suriah.

Berita Selengkapnya Klik di Sini

(ade)

Jenderal China Ingin Cegah Perang dengan Jepang

Posted: 17 Mar 2013 09:14 AM PDT

BEIJING - Seorang Jenderal China menekankan negaranya tidak pernah berpikir untuk melancarkan perang melawan Jepang untuk memperebutkan Kepulauan Senkaku. Jenderal Liu Yuan menyatakan perang adalah jalan terakhir yang sebisa mungkin harus dihindari.

Selama ini baik China maupun Jepang saling melemparkan propaganda menegenai sengketa di Kepulauan Senkaku. Kapal patroli kedua negara pun seringkali terlibat bentrok di wilayah perairan Kepulauan Senkaku.

"Perang akan memakan korban jiwa yang tidak sedikit, apabila masih ada cara lain untuk menyelesaikan sengketa kita harus menghindari opsi perang sebisa mungkin," ujar jenderal itu, seperti dikutip Reuters, Minggu (17/3/2013).

"Saya percaya hubungan baik antara China dan Jepang akan terus terjaga," tambahnya.

Jenderal Liu dikenal memiliki hubungan yang dekat dengan Presiden Xi Jinping yang saat ini memimpin China. Pernyataannya itu pun disebut sejalan dengan pemikiran Xi Jinping terkait sengketa kepulauan Senkaku.

"Saat ini China sedang berusaha memperbaiki hubungannya dengan Amerika Serikat, China tidak ingin sengketanya dengan Jepang berkembang menjadi perang," tukas pengamat China dari Amerika Serikat (AS), Sun Yun.

Berita Selengkapnya Klik di Sini

(ade)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan