Ahad, 31 Mac 2013

KOMPAS.com - Regional

KOMPAS.com - Regional


Kisruh Pilwakot, Kantor Media Lokal Palopo Dibakar

Posted: 31 Mar 2013 06:50 AM PDT

Kisruh Pilwakot, Kantor Media Lokal Palopo Dibakar

Penulis : Kontributor Tana Luwu, Husain | Minggu, 31 Maret 2013 | 13:50 WIB

PALOPO, KOMPAS.com - Kantor media lokal di Palopo, Sulawesi Selatan, Palopo Pos, dibakar massa pendukung salah satu kandidat calon wali kota, Minggu (31/3/2013). Tindakan pembakaran ini merupakan respons atas hasil pleno Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) yang menetapkan Judas Amir-Ahmad Syaifuddin sebagai pemenang Pemilihan Wali Kota Palopo.

Kantor Palopo Pos yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman hanya berjarak 400 meter dari Kantor DPD Partai Golkar yang sebelumnya telah dibakar massa. Massa juga mencari wartawan media tersebut yang dianggap tidak netral dalam pemberitaan.

Kapolres Palopo AKBP Endang Rasidin belum memberikan keterangan resmi terkait kejadian ini. Saat dikonfirmasi melalui telepon, Endang mengatakan, pihaknya tengah mengatasi pembakaran yang terjadi di beberapa titik.

Baca juga:
Kronologi Pembakaran Kantor DPD Golkar

Kantor Partai Golkar Dibakar Massa

Editor :

Inggried Dwi Wedhaswary

Kronologi Pembakaran Kantor DPD Golkar

Posted: 31 Mar 2013 06:36 AM PDT

Kronologi Pembakaran Kantor DPD Golkar

Penulis : Kontributor Tana Luwu, Husain | Minggu, 31 Maret 2013 | 13:36 WIB

PALOPO, KOMPAS.com - Pembakaran kantor DPD Golkar di Palopo dipicu hasil rapat pleno KPU yang menetapkan Judas Amir-Ahmad Syaifuddin sebagai pemenang Pemilihan Wali Kota Palopo.

Sejak Minggu (31/3/2013) subuh, massa dua pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palopo yakni Haidir Basir-Thamrin Jufri dan Judas Amir-Ahmad Syaifuddin sudah memadati jalan-jalan di sekitar lokasi kantor KPUD Palopo. Mereka menantikan rapat pleno penetapan pemenang Pilwakot Palopo.

Setelah KPUD mengumumkan pemenang Pilwakot Palopo adalah Judas Amir-Ahmad Syaifuddin, massa pendukung salah satu calon mengamuk. Sekitar pukul 13.30 siang, mereka menyerbu kantor DPD Partai Golkar yang tidak jauh dari Kantor KPUD Palopo di Jenderal Sudirman.

Awalnya massa hanya melempar batu ke arah kantor yang mengakibatkan kaca pecah. Namun, aksi anarkis mereka meningkat dengan membakar kantor.

Berselang beberapa menit kemudian, kantor Wali Kota Palopo yang berlokasi sekitar dua ratus meter dari Kantor DPD Golkar, juga dibakar.

Belum ada keterangan resmi dari pihak kepolisian terkait aksi pembakaran kantor Golkar dan kantor wali kota tersebut. Hingga pukul 14.30 Wita, massa masih berkonsentrasi di beberapa titik kota Palopo. Suasana kota ini terlihat mencekam.

Editor :

Ana Shofiana Syatiri

Tiada ulasan:

Catat Ulasan