Ahad, 31 Mac 2013

ANTARA - Mancanegara

ANTARA - Mancanegara


Peru akan beli 24 helikopter Rusia

Posted: 31 Mar 2013 09:00 PM PDT

Buenos Aires (ANTARA News) - Pemerintah Peru akan membeli 24 helikopter militer Mi-Rusia 171 (Hip) dengan senilai keseluruhan 406,8 juta dolar AS untuk memerangi perdagangan narkoba dan terorisme, kata media lokal.

La Republica melaporkan bahwa Kementerian Pertahanan negara telah menyerahkan rancangan resolusi kepada Kementerian Ekonomi berdasarkan studi perbandingan helikopter Eurocopter AS332 Rusia, Holiday Pumas serta AS532 Eurocopter Cougars.

Pihak Rusia menawarkan pembelian produknya selama pembicaraan antara delegasi pemerintah Rusia dan perwakilan Kementerian Pertahanan Peru di ibu kota Lima pada awal Maret.

Satu helikopter diperkirakan menelan biaya lebih dari 16,9 juta dolar AS. Menurut rencana pengiriman 21 helikopter akan dipasok ke Peru pada tahun 2014, dan tiga lagi pada tahun 2015.

Surat kabar itu mengatakan, Kementerian Pertahanan Peru juga tertarik pada pasokan tambahan persenjataan di badan pesawat dan peralatan untuk helikopter-helikopter buatan Rusia.

Rusia juga mengusulkan melakukan kursus pelatihan untuk pilot baik di Rusia maupun di Peru. Jika keputusan dibuat, jumlah kontrak akan naik menjadi 486 juta dolar AS.

Apabila kesepakatan ini berhasil, itu akan menjadi yang pertama dalam 30 tahun bagi pemerintah Peru untuk membeli pesawat langsung dari produsen Rusia, demikian dilaporkan Ria Novosti.

Penerjemah: Askan Krisna

Jordania-Palestina sepakat lindungi tempat suci di Jerusalem

Posted: 31 Mar 2013 06:55 PM PDT

Amman (ANTARA News) - Raja Abdullah II dari Jordania dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas pada Minggu sepakat untuk melaksanakan upaya bersama guna melindungi tempat suci di Jerusalem.

Kedua pemimpin tersebut mencapai konsensus untuk mempertahankan Jerusalem, Kota Suci Umat Muslim dari usaha "diyahudikan", kata kantor berita resmi Jordania, Petra.

Raja Jordania juga kembali menyampaikan dukungannya buat rakyat Palestina dalam perjuangan mereka untuk memiliki negara, demikian laporan kantor berita China, Xinhua.

Israel menduduki bagian timur Kota Jerusalem pada 1967. Rakyat Palestina ingin Jerusalem Timur menjadi ibu kota negara masa depan Palestina, tapi Israel menyatakan Jerusalem adalah ibu kota abadi bangsa Yahudi.

Para elit Israel menganggap kota suci tersebut adalah bagian dari negaranya dan itu adalah bentuk ideologi "Zionisme".

Dari semua negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Israel, hanya Kosta Rika dan El Salvador saja yang menempatkan kedutaan mereka di Jerusalem, yang lain di Tel Aviv, karena menurut PBB, Jerusalem akan dijadikan Kota Internasional.

Kota bersejarah Jerusalem adalah sebuah warisan dunia yang dilindungi oleh UNESCO mulai tahun 1981.

Di kota tersebut terdapat Masjid Al-Asha, tempat suci ketiga umat Muslim setelah Makkah dan Madinah di Arab Saudi. Selain itu terdapat pula Masjif Qubbatush-Shakhrah --yang kubahnya berlapis emas-- tapi dalam bahasa Inggris disebut Dome of the Rock.

Di sana juga terdapat tempat suci umat Yahudi, Tembok Ratapan.

(C003)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan