Selasa, 5 Mac 2013

KOMPAS.com - Nasional

KOMPAS.com - Nasional


Akbar Tanjung Dukung Anas Bongkar Century

Posted: 05 Mar 2013 09:15 PM PST

Akbar Tanjung Dukung Anas Bongkar Century

Penulis : Sabrina Asril | Rabu, 6 Maret 2013 | 05:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Akbar Tanjung mendukung langkah mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum dalam mengungkap skandal Bank Century. Senior Anas di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ini melihat tidak ada yang salah dengan momentum pengungkapan kasus itu.

"Kalau memang ada informasi dalam kaitan kasus Bank Century yang diketahui, perlu disampaikan secara terbuka akan upaya kita membongkar kasus bank Century," ujar Akbar usai puncak perayaan HUT Fraksi Partai Golkar ke-45 di Balai Kartini, Selasa (5/3/2013).

Akbar mengatakan niat Anas yang ingin membongkar kasus Century pasca Anas ditetapkan sebagai tersangka tidaklah terlambat. Yang terpenting, kata Akbar, adalah substansi dari informasi yang dimiliki Anas.

"Pokoknya kalau momentum itu tergantung pada orangnya. Kalau orang itu merasa momen-nya sekarang yang cocok disampaikan, yang penting substansinya," ucap Akbar.

Seperti diberitakan, tim kecil dari Timwas Century mendatangi kediaman Anas kemarin. Kedatangan tim kecil itu merupakan tindak lanjut dari pengakuan Ketua Bapilu Partai Hanura yang juga rekan Anas Yuddy Chrisnandi. Yuddy mengungkapkan niat Anas untuk membongkar kasus Century sebagai "halaman kedua" yang disebut Anas dalam pidato pengunduran dirinya dari Partai Demokrat.

Saat berdiskusi dengan tim kecil, Anas akhirnya mengungkapkan empat nama baru, diantaranya merupakan politisi dan pengusaha yang diduga mengetahui banyak tentang bail out Century sebesar Rp 6,7 triliun.

Pemerintah Usahakan Biaya Haji 2013 Tak Naik

Posted: 05 Mar 2013 09:07 PM PST

Pemerintah Usahakan Biaya Haji 2013 Tak Naik

Penulis : Sandro Gatra | Rabu, 6 Maret 2013 | 05:07 WIB

KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN

Menteri Agama Suryadharma Ali (kanan) didampingi Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Anggito Abimanyu mengikuti rapat kerja dengan Komisi VIII di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (10/7). Agenda rapat adalah pengesahan biaya penyelenggaraan ibadah haji tahun 2012.

TERKAIT:

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah berupaya agar biaya haji tahun 2013 tidak kembali naik meskipun beberapa komponen mengalami kenaikan harga. Pemerintah akan mengefisienkan beberapa komponen untuk menghindari kenaikan biaya haji.

"Kita efisienkan biaya-biaya yang tidak perlu. Kita upayakan tidak ada kenaikan tarif tanpa mengurangi kualitas pelayanan jamaah," kata Anggito Abimanyu, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama seusai rapat internal bersama Komisi VIII DPR di Gedung Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (5/2/2013).

Anggito mengatakan, beberapa komponen yang masih menjadi beban diantaranya biaya pangan dan biaya pemondokan haji di Madinah. Namun, kata dia, ada pula komponen yang bisa diturunkan tahun ini seperti biaya penerbangan.

"Besaran penurunan biaya penerbangan masih dibicarakan. Mudah-mudahan bisa seefisien mungkin," ucap Anggito.

Kapan keputusan besaran biaya haji akan diambil? Menurut Anggito, kemungkinan awal April sudah bisa disampaikan ke publik. "Sekarang pembahasan masih berlangsung," ucapnya.

Ketika disinggung praktik penipuan yang dilakukan travel terhadap bakal calon haji, Anggito menegaskan akan terus menindak mereka yang berbuat pidana. Sebelumnya, kata dia, sebanyak 16 travel nakal sudah diberikan sanksi. Ke depan, pihaknya akan bekerjasama dengan Kepolisian untuk melakukan penindakan pelanggaran yang sama.

 

Tiada ulasan:

Catat Ulasan