Selasa, 5 Mac 2013

ANTARA - Mancanegara

ANTARA - Mancanegara


sedikitnya 17 tewas dalam serangan di Irak

Posted: 05 Mar 2013 09:44 PM PST

Baghdad (ANTARA News) - Sedikitnya 17 orang tewas dan 43 orang lagi cedera dalam serangan terpisah di Irak tengah dan utara, Selasa (5/3), kata polisi.

Dua bom mobil ditujukan kepada sasaran polisi di Kota Kirkuk, sekitar 250 kilometer dari Ibu Kota Irak, Baghdad, sehingga menewaskan lima polisi dan melukai 17 orang lagi --termasuk beberapa polisi, kata sumber polisi yang tak ingin disebutkan jatidirinya kepada Xinhua.

Dalam peristiwa terpisah, satu bom mobil meledak di dekat lapangan sepak bola di Kota Kecil Bani Saad, sebelah barat Ibu Kota Provinsi itu, Baquba, sekitar 65 kilometer di sebelah timur-laut Baghdad. Tiga orang tewas dan sebanyak 20 orang lagi cedera, kata satu sumber polisi provinsi. Ia menambahkan lima korban cedera berada dalam kondisi kritis.

Pada pagi hari yang sama, polisi melaporkan sembilan orang tewas dan enam orang lagi cedera dalam penembakan terpisah di bagian tengah dan utara negeri tersebut.

Tariq Harrosh, pemimpin kelompok Dewan Kebangkitan --yang didukung pemerintah, ditembak hingga tewas oleh dua pria bersenjata yang mengendarai sepeda motor di luar rumahnya di Daerah Abu Ghraib, pinggiran timur Baghdad, kata satu sumber polisi kepada Xinhua, Rabu.

Secara terpisah, beberapa pria bersenjata pada pagi hari menerobos masuk ke dalam rumah seorang pemimpin lain kelompok paramiliter Sunni Kota Kecil As-Siniyah, sekitar 200 kilometer di sebelah utara Baghdad. Pria bersenjata itu juga menembak hingga tewas ayah pemimpin kelompok Sunni tersebut dan ibunya serta membuat tokoh itu luka parah sebelum mereka melarikan diri dari tempat kejadian, kata satu sumber polisi.

Kelompok Dewan Kebangkitan, yang juga dikenal sebagai Putra Gerakan Irak, atau Sahwa, terdiri atas kebanyakan kelompok fanatik Sunni anti-AS. Kelompok tersebut memerangi jaringan Al Qaida setelah para pemimpin Sahwa menjadi kecewa akibat kebrutalan Al Qaida dan kefanatikan pada agama di negeri itu.

Selain itu, dua orang juga tewas dan orang ketiga cedera ketika dua pria bersenjata dengan mengendarai sepeda motor melepaskan tembakan ke arah mereka di satu desa di dekat Kota Tuz-Khurmato, sekitar 90 kilometer di sebelah timur Tikrit, Ibu Kota Provinsi Salahuddin di sebelah utara Baghdad, kata satu sumber polisi provinsi tersebut.

Provinsi Salahudin adalah provinsi yang didominasi pemeluk Sunni. Ibu Kotanya, Tikrit, adalah tempat kelahiran mantan presiden Saddam Hussein.

(C003)

AS upayakan "positif" ke Venezuela

Posted: 05 Mar 2013 07:33 PM PST

Washington (ANTARA News) - Amerika Serikat (AS) akan mengusahakan hubungan yang positif dan produktif dengan Venezuela, saat kesehatan Presiden anti-Amerika Hugo Chavez memburuk dan meninggal dunia pada Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

"Saya dapat katakan kepada Anda bahwa kami terus mengupayakan hubungan fungsional yang produktif dengan Venezuela, dan kami tetap terbuka bagi dialog dengan Venezuela mengenai sejumlah masalah saling pengertian, termasuk kontra-narkotika, kotra-terorisme dan hubungan dagang antara kedua negara, termasuk energi," kata Juru Bicara Gedung Putih, Jay Carney, kepada wartawan.

Ia menolak untuk mengomentari pengusiran David del Monaco, Atase Militer AS, yang diumumkan oleh Wakil Presiden Venezuela, Nicolas Maduro, pada Selasa pagi, demikian laporan Xinhua.

Maduro mengatakan, pemerintah Venezuela telah mendapati utusan AS itu telah melakukan tindakan yang melawan militer Venezuela, dengan berhubungan dengan beberapa perwira dan mengusulkan rencana untuk merusak kestabilan negara di Amerika Selatan tersebut.

Ia juga mengatakan, Pemerintah AS dan musuh di dalam negeri itu telah melakukan "perang urat syaraf" terhadap Presiden Hugo Chavez dan negara Venezuela. (*)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan