Isnin, 11 Mac 2013

KOMPAS.com - Internasional

KOMPAS.com - Internasional


Foto Ahmadinejad Peluk Ibu Chavez Bikin Marah Ulama

Posted: 12 Mar 2013 03:17 AM PDT

Foto Ahmadinejad Peluk Ibu Chavez Bikin Marah Ulama

Selasa, 12 Maret 2013 | 10:17 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com - Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad kembali menimbulkan kontroversi di negaranya. Sebuah foto yang menunjukkan dia tengah memeluk ibunda mendiang Hugo Chavez menimbulkan amarah para ulama Iran.

Foto itu diambil saat pemakaman Chavez di Caracas, Venezuela, Jumat (8/3/2013) lalu. Pada foto itu Ahmadinejad yang terlihat sangat sedih memegang pipi ibu Chavez, Elena Frias de Chavez, yang tengah menangis dan memegang tangannya.

Menurut Telegraph, para mullah yang konservatif mengatakan, "pelukan itu haram". Komentar lain datang dari seorang pemuka agama dan legislator yang berpengaruh, Mohammed Taghi-Rahbar. Media Perancis France 24 mengutip Taghi-Rahbar yang mengatakan, Ahmadinejad "kehilangan kendali diri."

Pihak kepresidenan membantah tudingan itu dan menyebut foto itu telah direkayasa, seperti dilaporkan BBC. Sementara itu sebuah surat kabar Iran menuduh Telegraph-lah yang merekaya foto itu. Namun koran itu kemudian meminta maaf dan mengatakan salah seorang reporternya sedang bingung.

Sebelumnya, Ahmadinejad menimbulkan kontroversi karena mengatakan Chavez akan bangkit kembali bersama Yesus. Pernyataan itu dituangkannya pada situs web pribadinya.

Kritik soal foto dengan ibunda Chavez dari para pemimpin agama yang konservatif di Iran bisa jadi bermuatan politik. Sebab Republik Islam Iran akan menggelar pemilihan umum pada Juni mendatang. Pada pemilu 2009 lalu, kemenangan Ahmadinejad pada disambut dengan demonstrasi yang berujung kerusuhan.

Indobatt Resmikan Pengolahan Limbah Sampah Qabrikha

Posted: 12 Mar 2013 03:13 AM PDT

Indobatt Resmikan Pengolahan Limbah Sampah Qabrikha

Penulis : Ratih Prahesti Sudarsono | Selasa, 12 Maret 2013 | 10:13 WIB

Puspen TNI

Komandan Satuan Tugas Indobatt Kontingen Garuda XXIII-G/UNIFIL Mayor Inf Lucky Avianto meresmikan pengolahan sampah warga Qabrikha di Lebanon

TERKAIT:

JAKARTA, KOMPAS.com -  Komandan Satuan Tugas Indobatt (Indonesia Batallion) Kontingen Garuda  XXIII-G/UNIFIL Mayor Infantri Lucky Avianto meresmikan pengolahan sampah warga Qabrikha, Lebanon Selatan, Senin kemarin. Ia diampingi pejabat daerah setempat Hassan Ijazi.

Pengolahan sampah tersebut merupaksn bantuan UNIFIL United Nation Interim Force in Lebanon melalui Indobatt, yang kemudian direalisasikan oleh CIMIC Civilian Military Cordination Indobatt Sektor Timur.

Dalam siaran pers yang dikeluarkan Pusat Penerangan TNI, Selasa (12/3/2013), dijelaskan, pembangunan pengolahan sampah tersebut merupaksn bantuan UNIFIL (United Nation Interim Force in Lebanon) melalui Indobatt, yang kemudian direalisasikan oleh CIMIC ( Civilian Military Cordination) Indobatt Sektor Timur. Qabrikha adalah salah satu wilayah binaan Indobatt.

Mayor Lucky Avianto mengatakan, dibangunnya pusat pengelolaan sampah ini merupakan bentuk kedekatan dan kerjasama yang baik antara prajurit Indobatt dengan masyarakat setempat di daerah operasi.  

Sedangkan Hassan Ijazi selain menyatakan terima kasih atas bantuan tersebut, juga beharap adanya pengelolaan sampah tersebut, membuat masyarakatnya makin peduli kebersihan dan kesehatan, serta berjanji akan mengelolanya dengan baik demi kesejahteraan masyarakatnya.

Adanya pengelolaan sampah ini, tambah Hassan, membuka lapangan kerja baru di wilayahnya, sekaligus memudahkan masyarakat Qabrikha membuang sampah.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan