Selasa, 19 Februari 2013

Republika Online

Republika Online


Bagaimana Tabir Surya Bekerja? (3-Habis)

Posted: 19 Feb 2013 07:32 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tabir surya itu banyak bentuknya, seperti lotion, krim, semprotan, wax sticks, dan tabur. Umumnya, tak ada jenis tabir surya yang sempurna. Masing-masingnya ada kelebihan dan kekurangannya. Sehingga, anda perlu memperhatikan preferensi apa yang anda utamakan.

Bagaimana sebetulnya tabir surya itu bekerja pada kulit anda? Berikut penjelasannya, dikutip dari SymptomFind, Selasa (19/2).

Satu jenis tabir surya biasanya hanya bertahan maksimal tiga tahun. Jadi, anda harus memeprhatikan tanggal kadaluarsanya. Tak peduli apa merk tabir surya yang anda gunakan, jika anda menggunakannya dengan benar, maka fungsi perlindungannya akan tetap bekerja. Berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan tabir surya yang baik dan benar. Pertama, oleskan tabir surya ke tubuh anda setidaknya 20-30 menit sebelum keluar rumah.

Kedua, pastikan anda mengoleskannya ke seluruh bagian tubuh yang terkena langsung dengan sinar matahari. Misalnya telinga, bibir, tangan, dan kaki. Ketiga, pastikan kulit anda terlapiskan tabir surya secara merat. Jumlah yang disarankan untuk digunakan sekitar satu ons atau 30 mililiter.

Keempat, tabir surya tak bertahan lama. Sehingga, anda harus mengoleskannya setiap dua jam sekali namun dengan catatan anda sedang aktif bergerak, misalnya sedang berenang atau setelah berkeringat banyak. Jika anda masih beraktivitas biasa, maka anda bisa menggunakannya lebih dari dua jam.

Kelima, anak-anak yang boleh mengenakan tabir surya minimal usia enam bulan. Jika usia anak anda di bawah itu, maka akan lebih baik jika anda melindunginya di tempat teduh, misalnya di bawa payung. Keenam, sinar matahari selalu berseri di muka bumi, saat musim panas, juga musim dingin. Jadi, anda disarankan tetap memakai tabir surya meskipun sedang berada disinar matahari musim dingin.

Meskipun mengenakan tabir surya merupakan cara terbaik untuk melindungi kulit anda, namun maish ada cara terbaik lainnya. Seperti menggunakan pakaian pelindung dan topi. Anda baru disarankan memakai tabir surya jika keluar rumah sepanjang pukul 10.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Bagaimana Tabir Surya Bekerja? (2)

Posted: 19 Feb 2013 07:21 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tabir surya digunakan untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang berbahaya, yaitu sinar ultraviolet. Ada dua jenis sinar UV yang dilawan oleh tabir surya. Pertama, UVA, ini merupakan sinar matahari dengan gelombang terpanjang dan bisa menembus kulit. UVA bisa menyebabkan masalah pada sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan penuaan dini.

Kedua adalah UVB, sinar matahari dengan gelombang terpendek. Ini yang menyebabkan kulit anda terbakar dan menghitam. Kedua sinar ini merusak kulit. Bagaimana sebetulnya tabir surya itu bekerja pada kulit anda?

Berikut penjelasannya, dikutip dari SymptomFind, Selasa (19/2).

Tabir surya yang terdiri dari bahan-bahan yang mengandung pewarna dan pewangi biasanya menyebabkan reaksi alergi pada kulit. Bahan kandungan tabir surya lainnya adalah PABAs, paraben, oxybenzone, palmitat retinil, dan propilen glikol yang menyebabkan photosensitivity, kulit kering dan efek berbahaya lainnya. Jadi, jika anda khawatir menggunakan bahan kimia tabir surya, maka anda bisa mencari mencari tabir surya yang tidak mengandung zat-zat tersebut.

Selain memperhatikan kandungan dan bahan, ada beberapa hal lain yang perlu anda pertimbangkan ketika memilih tabir surya. Pertama, perhatikan kandungan SPFnya. SPF merupakan faktor pelindung matahari. Kandungan SPF adalah ukuran seberapa baik bahan itu aktif menyerap sinar UVB. Tak ada standar untuk mengukur seberapa baik kandungan SPF untuk menyerap UVA.

Kandungan SPF dihitung dengan berapa lama produsen yakin bahwa tabir surya itu bisa mengatasi sinar matahari berbahaya. Biasanya, ahli dermatologis merekomendasikan menggunakan SPF minimal 30. Sebab, SPF 30 bisatetap berfungsi dengan aman, meskipun disaat anda mencucui tangan anda, berwudhu, atau ketika anda berkeringat.

SPF yang lebih tinggi, seperti SPF 45 atau SPF 60 juga banyak tersedia. Namun, kandungannya kurang baik bekerja pada kulit. Faktor lain yang juga perlu diperhatikan adalah seberapa lama tabir surya yang anda pakai melindungi anda dari UVA dan UVB. Sebab, kulit anda harus terlindungi dari semua jenis sinar ultraviolet.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan