Rabu, 30 Januari 2013

Republika Online

Republika Online


Indofood Tawarkan Dana Penelitian untuk Riset Bidang Pangan

Posted: 30 Jan 2013 11:35 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood) kembali meluncurkan program bantuan dana penelitian bagi peneliti, mahasiswa dan dosen di bidang pangan lewat "Indofood Riset Nugraha" (IRN) periode 2013-2014.

"Kami ingin terus menumbuhkan dan membudayakan antusiasme riset di bidang pangan dari berbagai disiplin ilmu. Itu sebagai wujud kepedulian kami untuk kemajuan pangan di Indonesia," ujar Direktur Indofood Franciscus Welirang di Jakarta, Kamis.

Ketahanan pangan nasional, kata dia, menjadi persoalan penting yang membutuhkan perhatian bersama baik pemerintah, kalangan industri dan masyarakat. "14 tahun ketahanan pangan semakin kompleks," katanya.

Franciscus yang akrab disapa Franky itu menambahkan apa yang dilakukan Indofood adalah untuk menghargai para peneliti. Selama ini, sambung dia, para peneliti kurang dihargai pemerintah.

Tema IRN untuk periode kali ini adalah "Penganekaragaman Pangan Melalui Pemanfaatan Aneka Tepung Komposit Dengan Memaksimalkan Komoditas Lokal". Sedangkan topik penelitian IRN dibagi dalam empat bidang penelitian yakni bidang teknologi pangan dan gizi masyarakat, bidang sosial, ekonomi, budaya, bidang budidaya pertanian dan bidang peternakan.

Adapun 10 komoditi yang menjadi fokus penelitian adalah gandum, jagung, ubi jalar, pisang, singkong, kelapa sawit, garut, kentang, kedelai, dan susu beserta turunannya.
Ketua Program IRN Suaimi Suriady mengatakan program tersebut telah berlangsung sejak tujuh tahun terakhir dan penyesuaian.

"Kami akan berupaya menjadikan program ini tidak sekadar progam bantuan, tapi hasil penelitiannya mampu dikembangkan dan memberikan kontribusi positif bagi pembangunan ketahan dan penganekaragaman pangan bangsa Indonesia," ujar Suaimi.

Bagi mahasiswa dan peneliti yang tertarik mengikuti IRN dapat mengirimkan proposal penelitian yang ditujukan kepada panitian IRN paling lambat 16 April 2013.

Persyaratan lain adalah proposal penelitian harus dalam rangka menyelesaikan tugas akhir, melampirkan transkrip nilai terakhir, jangka waktu penelitian satu tahun, menyertakan riwayat hidup lengkap mahasiswa dan dosen pembimbing serta penelitian dilakukan di Indonesia.

Inter Milan Datangkan 'Young Luka Modric'

Posted: 30 Jan 2013 11:35 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Inter Milan resmi mendatangkan gelandang Kroasia, Mateo Kovacic, dari Dinamo Zagreb. Kovacic, yang masih berusia 18 tahun, disebut-sebut sebagai young Luka Modric.

Pemain yang memperkuat Zagreb sejak 2007 itu didatangkan La Beneamata dengan uang pemulus sebesar 11 juta euro (Rp 144 miliar).

Kovacic mengaku tak menyangka klub sekaliber Inter Milan menginginkan dirinya. Meski mengaku sulit meninggalkan Zagreb, namun pemilik empat caps di tim nasional Kroasia U-20 itu mengaku sangat antusias dengan tawaran Nerazzurri.

"Aku masih syok, semua itu terjadi begitu cepat," ujarnya seperti dilansir Football Italia, Kamis (31/1). Namun, nama besar Inter Milan dengan sederet prestasi membuat ia tak sanggup menolak tawaran tersebut.

Negosiasi antara Inter dengan mantan klubnya tersebut sudah rampung. Kendati demikian, ia mengaku masih menunggu jadwal tes medis di kubu Inter dalam beberapa waktu ke depan.

"Aku harap tes medis dapat dilalui dengan baik," tambah pemain kelahiran Austria tersebut.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan