Khamis, 13 Disember 2012

ANTARA - Mancanegara

ANTARA - Mancanegara


Palestina serukan pengakhiran blokade Israel atas Gaza

Posted: 13 Dec 2012 08:08 PM PST

Pengamat Tetap Palestina untuk PBB, Riyad Mansour, mengatakan blokade Israel atas Jalur Gaza membatasi akses Palestina ke pasar internasional dan meningkatkan ketergantungan mereka terhadap ekonomi Israel dan bantuan internasional. (REUTERS/Ibraheem Abu Mustafa)

Berita Terkait

New York (ANTARA News) - Palestina menyeru masyarakat internasional agar tidak hanya memberikan bantuan ekonomi dan kemanusiaan bagi rakyat Palestina, tapi juga mendorong Israel mengakhiri blokade atas Jalur Gaza.

Pengamat Tetap Palestina untuk PBB, Riyad Mansour, dalam pertemuan Sidang Majelis Umum PBB pada Kamis (13/12) mendesak masyarakat internasional "melancarkan segala upaya, termasuk langkah praktis, guna memaksa Israel segera mencabut blokade tidak sah dan tidak manusiawinya atas Jalur Gaza".

Masyarakat internasional perlu melakukan tindakan guna menghilangkan penghalang sangat besar yang dilancarkan penguasa pendudukan di lapangan sehingga mempengaruhi kehidupan lebih dari 1,6 juta orang Palestina, kata Mansour seperti dikutip Xinhua.

Sangat disesalkan bahwa pemerintah Israel terus memberlakukan pembatasan perdagangan sehingga ekonomi Palestina tergantung pada ekonomi Israel, katanya.

Palestina, lanjut dia, tak bisa memperoleh akses ke pasar internasional sehingga terpaksa harus berdagang dengan orang Israel, penguasa pendudukan.

Menurut dia, kondisi tersebut juga meningkatkan kerentanan Palestina atas lingkaran usaha Israel dan menciptakan kebutuhan sangat besar terhadap bantuan ekonomi dan kemanusiaan dari masyarakat internasional.

(C003)

Editor: Maryati

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Badan atom PBB - Iran teruskan perundingan pada Januari

Posted: 13 Dec 2012 05:27 PM PST

Fasilitas pengayaan uranium di Isfahan, Iran. Pengolahan urania di fasilitas ini dicurigai menjadi bagian program rahasia pengembangan senjata nuklir. (www.wikipedia.org)

Berita Terkait

Teheran (ANTARA News) - Iran dan badan pengawas atom Perserikatan Bangsa-Bangsa, Kamis, sepakat akan meneruskan perundingan tentang program nuklir Iran pada 16 Januari 2013, kata seorang pejabat tinggi Iran.

"Kami sepakat untuk mengadakan putaran pertemuan berikutnya pada 16 Januari di Teheran," kata Ali Asgar Soltanieh, perwakilan Iran untuk Badan Energi Atom Internasional (IAEA), seperti dikutip media.

Ia mengatakan pertemuan-pertemuan yang berlangsung satu hari pada Kamis berjalan "secara konstruktif, positif dan mendapatkan kemajuan."

AFP melaporkan tidak ada informasi yang muncul menyangkut rangkaian pembicaraan yang berlangsung dari Kamis pagi hingga malam hari itu.

IAEA ingin melakukan pemeriksaan di Parchin, kompleks militer tertutup dekat Teheran.

Badan atom PBB itu mencurigai telah berlangsung eksperimen di Parchin berkaitan dengan bahan peledak yang bisa memicu senjata nuklir.

Namun, media tidak mengatakan apakah permintaan mereka untuk datang ke Parchin dikabulkan.

Ketika dikontak di Wina, IAEA tidak berkomentar namun kepala inspektur Herman Nackaerts, yang memimpin tim ke Iran beranggotakan tujuh orang itu, diperkirakan akan memberi pernyataan ketika kembali ke Wina pada Jumat pagi.

IAEA mengatakan pertemuan di Teheran bertujuan mencapai kesepakatan tentang "pendekatan terstruktur" bagi Teheran untuk menanggapi tuduhan pembuatan senjata dan bagi IAEA untuk mendapatkan akses yang lebih luas ke lokasi-lokasi nuklir Iran serta kepada orang-orang yang bekerja pada program nuklirnya.

(T008/C003)

Editor: Heppy

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Tiada ulasan:

Catat Ulasan