Sabtu, 10 November 2012

Republika Online

Republika Online


Perawatan Pra Nikah Kian Digemari

Posted: 10 Nov 2012 07:38 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Pernikahan merupakan salah satu hal paling sakral dalam hidup. Maka tak ayal, pernikahan selalu dipersiapkan dengan matang.

Tidak hanya persiapan terkait akad nikah, persiapan diri dalam menghadapi pernikahan juga penting untuk dilakukan. Bagi wanita, perawatan tubuh menjadi salah satunya.

"Treatment bagi wanita yang ingin menikah, saat ini terus digemari. Biasanya massage pra nikah yang didalamnya termasuk perawatan organ intim," ujar Eva Madura, seorang pakar pasutri dalam peluncuran "Arum Dalu Medika Spa, Sabtu (10/11).

Perawatan macam itu kini telah mudah didapat di pusat-pusat perawatan khusus wanita seperti salon dan spa.

"Jika dulu spa dipandang sebagai tempat elite untuk merawat tubuh, kini spa sudah sudah menjadi gaya hidup bahkan bagian dari kebutuhan masyarakat," ungkap dr Juliana Resolina Pateh, pemilik dari "Arum Dalu Medika Spa".

Di tempatnya, jelas Resolina, perawatan pra nikah juga menjadi salah satu yang banyak digemari. Terutama perawatan organ intim wanita.

"Perawatan ini agar keharuman pada organ kewanitaan si calon pengantin wanita, serta menyeimbangkan kelembaban," katanya di salon yang bertempat di Kemuning Raya, Depok ini.

Tidak hanya perawatan pranikah, permintaan perawatan pascanikah juga semakin tinggi. 

Layanan perawatan organ intim yang ditawarkan di tempat ini seperti Ratus Rebus, Ratus Bakar, serta Thigtening Cream, dan juga perawatan ilmu kedokteran modern, seperti vagina wash, vagina ozone, whitening vagina spa, papsmear dan lain-lain.

"Kami memang menjadikan tempat ini ibarat rumah bagi para wanita. Mereka bisa menyampaikan keluhan-keluhan mereka terkait organ kewanitaan untuk dapat ditangani secara medis ataupun perawatan. Jadi tidak sekadar untuk perasaan relaks saja, tetapi juga memberi layanan kesehatan khususnya bagi daerah intim wanita," paparnya.

Perawatan seperti ini juga dapat membantu menjaga keharmonisan pasangan. Terlebih tingkat stres serta rutinitas sehari-hari yang tinggi kerap membuat wanita lupa menjaga kesehatan yang "satu" itu.

"Karena ini aset wanita," demikian Julia.

Ini Dia, Pola Makan yang Baik untuk Ibu Hamil

Posted: 10 Nov 2012 03:15 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON  --  Siapapun yang pernah hamil selalu menyarankan hal serupa kepada rekan atau saudaranya yang juga sedang hamil. "Ayo, makan yang banyak. Ini untuk kamu dan untuk calon bayimu," kurang lebih demikian saran yang sering didengar.

Apakah makan banyak itu baik untuk ibu hamil dan bayi yang dikandungnya? sepertiga wanita hamil di dunia cenderung makan dengan porsi ganda. Kenyataannya, pola makan demikian berpotensi menimbulkan konsekuensi penyakit lebih serius untuk calon ibu dan janin.

Penelitian membuktikan wanita hamil yang makan terlalu banyak berpotensi meningkatkan tekanan darah tinggi, pre-eklamsia, dan diabetes gestasional di tubuhnya. Bahkan, perilaku ini juga menyulitkan proses melahirkan seseorang, mengancam pelaksanaan operasi jika melahirkan secara caesar, hingga meningkatkan risiko kematian pada calon bayi yang akan lahir.

Ahli kesehatan psikologi dari Surrey University, Professor Jane Ogden, mengatakan beberapa wanita hamil merasa bahwa kehamilan mereka menyebabkan mereka ingin makan banyak. Ini membuat mereka terbiasa makan dobel.

"Akhirnya, kebiasaan makan seperti ini akan terbawa hingga wanita tersebut selesai melahirkan, hingga mereka sedang menyusui," katanya dikutip dari BBC, Ahad (11/11). Wanita yang bersangkutan akan terus merasa lapar.

Evaluasi yang dilakukan The American Dietetic Association menunjukan wanita yang sedang hamil perlu memperhatikan pola makannya. Ini dilakukan demi menghindari kenaikan berat badan yang berlebihan setelah mereka usai melahirkan.

Di Finlandia, wanita hamil lebih banyak makan sayuran dan buah segar. Ini akan membantu proses pelangsingan mereka setelah melahirkan.

Di Amerika Serikat, cara ini sukses dilakukan. Di Kanada, wanita hamil yang mengonsumsi makanan sehat, seperti sayuran dan buah segar lebih direkomendasikan ketimbang melakukan latihan-latihan senam ala ibu hamil.

Lalu, bagaimana bentuk pola makan yang baik untuk wanita yang sedang mengandung janin kembar? Hasil penelitian menunjukkan wanita yang mengandung lebih dari satu janin memiliki tingkat metabolisme tubuh 10 persen lebih besar dari wanita yang mengandung satu janin.

Hal ini menyebabkan wanita yang bersangkutan menghabiskan kalori lebih cepat. Wanita yang mengandung bayi kembar disarankan mengonsumsi makanan hingga 4.000 kalori per hari.

Institute of Medicine AS merekomendasikan wanita hamil makan tiga kali sehari dan makan kudapan dua kali sehari. Itu setara dengan dua orang manusia normal yang sedang melakukan diet.

Dokter kandungan di London, Patrick O'Brien, menyarankan di pertengahan usia kehamilan, wanita diminta meningkatkan konsumsi makanan tambahan. "Di antaranya makan dua butir telur, biskuit cokelat, dan roti cracker sayuran atau bawang putih,"ujarnya.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan