Sabtu, 17 November 2012

KOMPAS.com - Nasional

KOMPAS.com - Nasional


Keluarga Soeharto Hadiri Peluncuran Buku Bung Karno

Posted: 17 Nov 2012 08:23 AM PST

Keluarga Soeharto Hadiri Peluncuran Buku Bung Karno

Penulis : Iwan Santosa | Sabtu, 17 November 2012 | 22:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Keluarga mantan Presiden Soeharto menghadiri peluncuran buku Bung Karno, Bapakku, Kawanku dan Guruku, karya Guntur Soekarno di Sampoerna Strategic Square, Jakarta, Sabtu  (17/11/2012) malam. Guntur dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kedatangan Siti Hardiyanti Rukmana atau Mbak Tutut dalam peluncuran buku tersebut.

"Saya juga mengucapkan selamat datang kepada keluarga besar Bung Hatta dan Yenny Wahid mewakili keluarga besar Wahid Hasyim (ayah Almarhum Abdurrahman Wahid alias Gus Dur)," kata Guntur Soekarno.

Selain Tutut, Siti Hutami Endang Adiningsih alias Mamiek juga terlihat hadir di antara undangan. Para politisi senior PDI-P seperti Tjahjo Kumolo, Gandjar Pranowo, Rieke Diah Pitaloka, dan tokoh-tokoh seperti Eros Djarot hadir dalam peluncuran ulang buku yang pertama kali terbit di tahun 1977 di bawah tekanan Orde Baru yang sedang menguat.

Ketika itu, Guntur harus berhati-hati mengurus izin terbit buku ke kepolisian. Menurut Guntur, isi buku tersebut mengupas jiwa seorang Soekarno secara utuh karena dia melihat Soekarno sebagai negarawan, ayah dan kawan sekaligus.

Presiden Yudhoyono Tiba di Kamboja

Posted: 17 Nov 2012 06:03 AM PST

PHNOM PENH, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta Ibu Kristiani Herawati Yudhoyono dan rombongan, tiba di Bandar Udara Internasional Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (17/11/2012) pukul 17.25 waktu setempat. Tidak ada perbedaan waktu antara Phnom Penh dan Jakarta. Penerbangan Jakarta-Phnom Penh ditempuh dalam waktu 3 jam.

Kedatangan Presiden disambut Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, Duta Besar RI untuk Kamboja Soehardjono Sastromihardjo, serta perwakilan Pemerintah Kamboja. Turut dalam rombongan Presiden antara lain Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Koordinator Bidang Kesejahtaeraan Rakyat Agung Laksono, serta Sekretaris Kabinet Dipo Alam.

Sejumlah menteri yang sudah mendahului tiba di Phnom Penh antara lain Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Djoko Suyanto, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Chatib Basri.

Seperti diberitakan sebelumnya, lawatan Presiden ke Kamboja kali ini untuk menghadiri rangkaian KTT ASEAN dan KTT Asia Timur yang akan berlangsung 3 hari mendatang. Topik penting yang akan dibahas dalam KTT ini, di samping peningkatan kerja sama ASEAN untuk mempersiapkan komunitas ASEAN 2015, adalah persoalan seputar Laut China Selatan.

KTT ASEAN kali ini diselenggarakan dalam suasana berkabung rakyat Kamboja atas wafatnya Raja Norodom Sihanouk, 15 Oktober lalu. Tampak hampir di setiap bangunan yang ada di Phnom Penh terpampang foto mendiang Raja, sebagai tanda duka cita dan penghormatan dari rakyat Kamboja.

Usai menghadiri KTT ASEAN di Kamboja, Presiden bertolak ke Islamabad, Pakistan, 21 November mendatang. Di sana Presiden akan menghadiri pertemuan puncak ke KTT negara kelompok D8 yang akan berlangsung dua hari. Presiden dijadwalkan tiba di Tanah Air pada 23 November mendatang.

 

Tiada ulasan:

Catat Ulasan