Khamis, 13 September 2012

detikcom

detikcom


KM Surya Indah Berpenumpang 100an Orang Karam di Sungai Mahakam Kaltim

Posted: 13 Sep 2012 01:08 PM PDT

Jumat, 14/09/2012 03:08 WIB

Berbagi informasi terkini dari detikcom bersama teman-teman Anda Connect with Facebook

Jakarta Kapal penumpang KM Surya Indah, tujuan Melak, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur, Kamis (13/9/2012) malam, diduga tenggelam saat melintas di pedalaman Sungai Mahakam, di kawasan Kecamatan Muara Pahu, Kutai Barat. Belum diketahui pasti jumlah penumpang kapal nahas itu namun dikabarkan mengangkut lebih dari 100 orang penumpang.

Keterangan diperoleh, insiden yang menimpa KM Surya Indah, terjadi sekitar pukul 22.00 WITA. Informasi peristiwa itu, diterima melalui telepon selular yang diberikan dari salah satu penumpang kapal tersebut kepada warga Melak.

"Informasi itu cepat menyebar. Kami warga di sini, langsung datang ke Pelabuhan Melak dan warga sudah ramai di Pelabuhan," kata salah seorang warga Melak, Ricki Rifaidi, ketika dihubungi detikcom, Jumat (14/9/2012) dinihari.

Menurut Ricki, dari informasi warga yang sedang mendatangi Pelabuhan Melak, KM Surya Indah dikabarkan mengangkut 150 orang penumpang dari Samarinda, yang berangkat Kamis (13/9/2012) pagi sekitar pukul 07.00 WITA dari Dermaga Mahakam Ulu, Samarinda.

"Selain memuat 150 orang, kapal itu juga mengangkut sembako kebutuhan sehari-hari dari Samarinda. Memang, setiap harinya ada 2 kapal yang berangkat dari Samarinda tujuan Melak," ujar Ricki.

"Yang selamat belum tahu. Baru-baru ada kabar 1 diketahui meninggal dunia," tambahnya.

Di kawasan Pelabuhan Melak, sambung Ricki, terlihat petugas kepolisian, warga dan petugas berkepentingan lainnya, telah berangkat menelusuri Sungai Mahakam menujui lokasi kejadian. Dari Pelabuhan Melak menuju lokasi, diperkirakan memakan waktu hingga 2 jam.

"Lokasinya memang jauh dari pelabuhan. Kalau gunakan speedboat kira-kira 2 jam. Kalau naik kapal biasa, bisa sampai 4 jam," terang Ricki.

"Kawasan yang dilintasi kapal itu bisa saat berada di sekitar kawasan sepi penumpang, bisa juga saat berada di kawasan yang ada pemukiman warga pinggir sungai," jelasnya.

Sementara itu Kepala Dermaga Mahakam Ulu Sukarja ketika ditemui detikcom di Dermaga Mahakam Ulu, Jl Pangeran Surapati, Samarinda, membenarkan insiden yang menimpa kapal tersebut.

"Ya, memang benar kejadian itu. Kapal karam di Muara Pahu," kata Sukarja.

(ahy/ahy)

Tutup
 Share to Facebook:

You are redirected to Facebook

loadingSending your message

Message has successfully sent


Sponsored Link

Truk Senggol Sepeda Motor di Cilincing, 2 Orang Tewas

Posted: 13 Sep 2012 12:15 PM PDT

Jumat, 14/09/2012 02:15 WIB

Berbagi informasi terkini dari detikcom bersama teman-teman Anda Connect with Facebook

Jakarta Sebuah truk trailer menyerempet sepeda motor di jalan Cilincing Raya, Jakarta Utara. Dua pengendara sepeda motor tewas di tempat.

"Kedua pengendara sepeda motor tewas di tempat," kata petugas piket Polsek Metro Cilincing, Brigadir Iskandar, kepada detikcom, Jumat (14/9/2012).

Kedua korban tersebut, kata Iskandar, tewas dengan luka mengenaskan, terutama di bagian kepala. Peristiwa tersebut terjadi, Kamis (13/9/2012), sekitar pukul 20.30 WIB,

Iskandar menuturkan, saat peristiwa terjadi posisi sepeda motor berada di kiri truk, kemudian saat terserempet sepeda motor terguling ke kiri. Sepeda motor yang dikendarai korban hanya mengalami lecet-lecet sementara kedua pengendaranya terjatuh ke kanan dan kemudian terlindas truk.

Kecelakaan maut ini melibatkan truk trailer dengan nomor polisi B 9079 ID dan sepeda motor Mio putih bernopol B 6258 CMG.

"Saat ini kedua jenazah telah dibawa ke RSCM. Sedangkan sopir truk melarikan diri dan masih dalam pengejaran petugas," ucap Iskandar.

(ahy/ahy)

Tutup
 Share to Facebook:

You are redirected to Facebook

loadingSending your message

Message has successfully sent


Sponsored Link

Tiada ulasan:

Catat Ulasan