Khamis, 23 Ogos 2012

Republika Online

Republika Online


Agar Celana Jeans tak Mudah Rusak, Ini Tipsnya

Posted: 23 Aug 2012 06:57 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, Celana jins atau baju dari bahan denim boleh dibilang merupakan satu tipe pakaian yang paling cepat terlihat usang.

Biasanya, semakin sering dicuci, semakin cepat jins menjadi belel. Celana jins yang mulanya berwarna indigo, indigo gelap, atau biru tua, tak terasa sudah berwarna biru denim yang kemudaan. Memang, hampir semua bahan denim luntur ketika dicuci. Suharti Sadja, manajer pemasaran Lee Cooper Indonesia, mengatakan terutama bila denimnya adalah tipe dry denim.

Istilah dry denim atau raw denim merujuk pada proses denim sebelum pembuatan. Seperti makna kata raw, denim jenis ini tidak mengalami proses pencucian seperti halnya washed denim. Sehingga sering kali warna indigo pada dry denim masih amat pekat dan mudah sekali luntur. Berbeda dengan washed denim dan organic denim, yang 100 persen menggunakan denim dari bahan katun sehingga cenderung keras dan tak mudah luntur

Agar denim tak mudah luntur, Suharti memberi saran. Cuci denim dari bagian dalam terlebih dahulu . Sehingga, yang pertama terkena proses pencucian adalah bagian dalam denim. Jangan merendam bahan denim sebab sifatnya yang mudah luntur itu.

Atau jika ingin direndam, lanjut Suharti, hindari penggunaan air panas. Deterjen tidak terlalu berpengaruh pada proses luntur di denim. Selama tidak ada unsur pemutih dalam deterjen. Pisahkan bahan jins dengan pakaian lainnya ketika mencuci. Hindari pula mengeringkan jins di bawah sinar matahari langsung.

Inikah Ajang Ketemu Jodoh Abad 21?

Posted: 23 Aug 2012 06:14 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, Sekitar 10 sampai 15 tahun yang lalu, kencan online masih hal yang baru untuk dapat diterima secara sosial. Tapi sekarang, justru sebaliknya. Bahkan, kencan online menjadi sarana yang umum untuk mencari pasangan hidup. 

Para lajang yang tertarik, bisa mendaftarkan diri lewat situs-situs yang menawarkan jasa kencan online. Salah satu situs terbesar di Amerika, eHarmony.com, akan menanyakan lebih dari 400 pertanyaan sebelum formula algoritme matematika rahasia perusahaan itu mencocokkan klien dengan beberapa calon pasangan yang ideal, berbeda dengan pepatah lama yang mengatakan "opposite attract". Gian Gonzaga, Direktur Riset dan Pengembangan eHarmony berbicara kepada VOA lewat Skype:

"Perbedaan bisa menarik tapi kemudian menjadi kendala. Anda tidak harus memiliki banyak kesamaan dalam banyak hal, tapi hal yang paling penting saja," kata Gian.

Namun Makon Fardis, seorang psikolog yang sering memberikan konseling kepada pasangan, tidak yakin dengan konsep algoritma matematika – karena katanya hanya 7 persen orang yang menggambarkan dirinya dengan jujur.

"Meskipun tidak berniat untuk berbohong, tapi apa yang kita lihat dapat berbeda dengan diri kita sebenarnya. Ada banyak kasus di mana pasangan di atas kertas atau online kelihatannya akan cocok, tapi ketika bertemu, justru sebaliknya," ujar Makon.

Tapi ada salah satu pasangan yang berhasil menemukan kecocokan lewat cara ini adalah Mario dan Tamara yang bertemu di Baltimore, negara bagian Maryland. Awalnya, Mario khawatir karena Tamara memiliki terlalu banyak kesamaan dengannya. Tapi kencan pertama mengalir seperti air. Setelah berkencan selama setahun, bulan lalu mereka menikah.

Tamara mengatakan kencan online banyak manfaatnya. Ia menjelaskan, "Pertama, Anda bisa bertemu banyak orang yang biasanya tidak kita temui. Kedua, kalau Anda merasa tidak memiliki koneksi dengan pasangan kencan Anda, mudah untuk mengakhirinya."

Meskipun tidak banyak studi ilmiah yang mempelajari keefektifan perhitungan algoritma dari kencan online, namun sejumlah studi lain menunjukkan 20 persen pasangan yang menikah sekarang ini ternyata bertemu secara online.

Kendati kencan online kelihatannya seperti ajang perjodohan pada abad ke-21, tapi bagi Mario dan Tamara, itu sah-sah saja.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan