Isnin, 2 Julai 2012

Sindikasi news.okezone.com

Sindikasi news.okezone.com


Besok, 5.000 Petani Tembakau Geruduk Kemenkes

Posted: 02 Jul 2012 01:21 AM PDT

JAKARTA- Sebanyak 5.000 petani tembakau asal Jawa Tengah dan Jawa Timur, buruh dan pedagang asongan akan melakukan unjuk rasa di depan tiga kantor kementerian pada Selasa 3 Juli 2012. Mereka menolak rencana pemerintah mengesahkan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang pengendalian tembakau.

"Kami akan melakukan aksi ini supaya pemerintah melihat lebih jelas dan lebih gamblang lagi untuk melihat secara menyeluruh mengenai permasalahan RPP Tembakau ini," kata Koordinator Koalisi Nasional Penyelamat Kretek Zulvan Kurniawan dalam pers rilisnya kepada Okezone, Senin (2/7/2012).

Kantor kementerian yang akan digeruduk petani tembakau, buruh dan pedagang asongan yakni kantor Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Kementerian Hukum dan HAM, dan Kementerian Kesehatan.

Menurutnya, aturan pemerintah tentang tembakau akan mematikan industri dan petani tembakau. "RPP Tembakau jelas akan mematikan kehidupan ekonomi dan memiskinkan jutaan rakyat kecil yang menggantungkan hidupnya dari tembakau," ungkapnya.

Koordinator Komunitas Kretek, Abisyam Demosa, menyesalkan sikap pemerintah yang seakan tidak memikirkan keberlangsungan petani tembakau. pemerintah hanya menyarankan alih tanam sementara tanpa ada jaminan apapun. Dia meyakini RPP tembakau tidak hanya akan mematikan industri tapi juga petani. "Kalau industri kena, petani pasti kena, karena hampir seluruh tembakau terserap oleh industri," tegasnya.

Abisyam mengancam jika pemerintah tak juga mendengarkan aspirasi petani tembakau, buruh dan pedagang asongan akan membawa massa ke Jakarta lebih banyak lagi. Dia mensinyalir ada agenda terselubung dibalik RPP tembakau. "Sebenarnya mereka menjalankan agenda yang akan meruntuhkan kekuatan ekonomi tembakau nasional kita," pungkasnya.
(ugo)

Marzuki Alie: Ical Itu Orang Pasar

Posted: 02 Jul 2012 01:16 AM PDT

JAKARTA- Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, Marzuki Alie menganggap pernyataan Aburizal Bakrie yang mengungkapkan, ada kemungkinan Partai Golkar akan mengusung Edhi Baskoro Yudhoyono sebagai cawapres hanyalah sebuah strategi pasar semata.

"Biasa-biasa saja. Enggak perlu dipandang. Itu strategi marketing saja. Misalnya saya mencalonkan diri, pasangan saya banyak," kata Marzuki kepada wartawan di DPR, Jakarta, Senin (2/7/2012).

Menurut Marzuki, langkah deklarasi capres yang dilakukan pria yang akrab disapa Ical tersebut, bertujuan untuk menaikkan popularitasnya di mata masyarakat. Karena jika Ical lamban bergerak, maka akan sedikit minat masyarakat terhadapnya.

"Saya enggak mau menilai. Silakan. Strategi marketing. Ical bagus, dia pintar, dia orang pasar, rasional. Dia orang bisnis, dia tau bagaimana menjual. Jadi nggak salah dia. Kenapa dia lebih cepat maju, karena untuk menjual. Kalau dia lambat deklarasi, dia enggak akan naik polingnya," kata Marzuki.

Selain itu, Marzuki juga mengutarakan keyakinannya, Ical akan mundur jika memang dia merasa popularitas yang dibangun di masyarakat selama ini dirasa gagal. "Tapi disinilah dia akan berjuang, bertarung. Tentu dia akan berpikir kalau naik dia akan terus, kalau ngga naik saya yakin dia akan mundur. Ical itu orang rasional," pungkasnya.
(ugo)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan