Isnin, 2 Julai 2012

ANTARA - Mancanegara

ANTARA - Mancanegara


Afghanistan tuduh Pakistan lakukan serangan roket

Posted: 02 Jul 2012 08:04 PM PDT

Kabul (ANTARA News) - Afghanistan menuduh tentara Pakistan melancarkan serangan roket selama beberapa bulan ke wilayahnya dan mengancam akan melaporkan Islamabad ke Dewan Keamanan PBB karena telah memicu ketegangan antara dua negara.

"Kami sekarang memiliki cukup fakta yang membuktikan roket-roket yang digunakan dalam serangan adalah milik tentara Pakistan," kata juru bicara Direktorat Keamanan Nasional Afghanistan Shafiqullah Taheri kepada Reuters.

"Pakistan tidak pernah bertindak seberani ini dalam sejarahnya... Mereka tahu bahwa pasukan keamanan Afghanistan tidak bisa bereaksi, jadi mereka menyerang kami," tambahnya.

Kabul akan melaporkan Islamabad kepada Dewan Keamanan PBB jika serangan-serangan seperti itu terus berlanjut dan pembicaraan dengan Pakistan beberapa hari mendatang tidak membuahkan hasil, kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Faramarz Tamana.

"Jika pembahasan-pembahasan diplomatik tidak membawa hasil positif, kita akan merujuk masalah ini kepada Dewan Keamanan PBB," katanya kepada Reuters.

Kabul secara teratur menuduh unsur-unsur pemerintah dan tentara Pakistan mendukung gerilyawan memerangi pemerintah Kabul yang didukung Amerika Serikat. Tuduhan-tuduhan itu dibantah oleh Pakistan.

Tetapi ini adalah kali pertama Afghanistan menuduh Pakistan secara langsung bertanggung jawab atas ratusan serangan roket di kawasan hutan provinsi perbatasan Kunar, yang disebut telah menewaskan empat warga sipil sejak Maret.

Afghanistan dan Pakistan sebelumnya menuduh Taliban melakukan serangan-serangan di Kunar, sebagai bagian dari pemberontakan kelompok militan yang mengganggu kedua sisi perbatasan.

Komentar-komentar Taheri muncul sepekan setelah Pakistan menuduh pasukan Afghanistan dan pasukan NATO gagal untuk mengambil tindakan terhadap apa yang dia katakan sebagai tempat persembunyian nyaman Taliban di wilayah Kunar dan lainnya.

Seorang pejabat intelijen Pakistan pada Senin menuduh pasukan Afghanistan menyeberang ke wilayah Pakistan pada Minggu dan menewaskan dua anggota suku.

"Orang-orang berseragam Tentara Nasional Afghanistan memasuki ke wilayah Pakistan di Ghozdarra wilayah Kurram. Mereka melepaskan tembakan ke arah sebuah rumah, menewaskan dua orang," kata pejabat intelijen.

"Penduduk desa kembali ditembaki dan para penyerang kemudian pergi," tambahnya.

(H-AK)

Puluhan tentara Suriah membelot ke Turki

Posted: 02 Jul 2012 07:34 PM PDT

Ankara (ANTARA News) - Puluhan tentara Suriah, termasuk para perwira tinggi, membelot ke negara tetangganya, Turki, pada Senin.

Ada 85 prajurit yang melarikan diri termasuk seorang jenderal dan para perwira senior lain, kata pejabat setempat seperti dikutip Kantor Berita Anatolia.

Pembelotan terbaru itu membawa 14 jenderal Suriah untuk menyeberang ke Turki, meninggalkan rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Kelompok terakhir tentara yang menyeberang ke Turki melalui Reyhanli adalah bagian dari kelompok yang terdiri atas 293 orang, termasuk diantaranya perempuan dan anak-anak.

Kantor Berita AFP melaporkan, Turki telah menjadi tempat berlindung bagi lebih dari 35.000 pengungsi Suriah, termasuk banyak pembelot militer dari negara yang telah melakukan tindakan keras terhadap para pengunjuk rasa oposisi itu.

Ketegangan antara kedua negara telah meningkat sejak Suriah menembak jatuh satu pesawat jet tempur Turki bulan lalu.

(H-AK)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan