Sabtu, 21 Julai 2012

Republika Online

Republika Online


Menengok Geliat Islam di Negeri Tango (Bag 2)

Posted: 21 Jul 2012 11:16 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID,  Mengenai jumlah umat Islam di Argentina, memang sulit ditemukan angka yang pasti. Beberapa sumber data menyebutkan angka yang berbeda. Menurut catatan The CIA World's Fact Book, pada tahun 2004, dari total penduduk Argentina yang mencapai 39.144.753 jiwa, hanya dua persen yang memeluk Islam, yaitu sekitar 782.895 jiwa, selebihnya adalah pemeluk Katolik Roma, Protestan, dan Yahudi. Sedangkan Katolik Roma, merupakan agama mayoritas di negara yang terkenal dengan tarian tangonya itu.

Kendati demikian, menurut laporan salah satu harian di Argentina, Clerein, warga Argentina yang baru masuk Islam sekarang ini bertambah menjadi 900 ribu orang. Dan, jika kaum imigran Muslim yang ada di sana dijumlahkan secara keseluruhan, bisa mencapai lebih dari tiga juta orang. Sehingga, estimasi populasi Muslim di Argentina meningkat dari yang semula 700 ribu kini menjadi lebih dari tiga juta jiwa.

Peningkatan populasi Muslim di Argentina diakui Pusat Kajian Islam di Argentina, Centro de Estudios Islamicos, lembaga yang fokus pada dakwah dan kajian budaya Islam di Argentina. Lembaga ini menyebutkan pada abad ini agama Islam berkembang pesat di Argentina, indikasinya adalah dengan semakin banyaknya pemeluk agama Islam.

Masyarakat Argentina banyak yang mulai tertarik dengan Islam. Tudingan yang gencar dilakukan Amerika Serikat dan negara-negara Barat lainnya pada umat Islam, sejak tragedi 11 September 2001, sebagai pelaku terorisme global, memang sempat membuat umat Islam di Argentina dicurigai.

Namun, begitu setelah dilakukan dialog dua arah, ketegangan dan rasa curiga hilang dengan sendirinya dan berbagai tudingan negatif yang dilayangkan kepada umat Islam, tidak begitu digubris masyarakat Argentina. Sementara umat Islam di Argentina, telah menunjukkan jiwa kenegarawan dan nasionalisme yang tinggi. Hal inilah yang menjadikan gairah dakwah Islam semakin meningkat di sana.

Seperti umumnya umat Islam di dunia, kaum Muslim di Argentina juga melakukan keseharian berdasarkan profesi masing-masing. Mereka bekerja dari pagi hingga sore hari. Bagi kaum metropolis, mereka menjalankan ibadah dengan tidak meninggalkan kewajiban mereka sebagai kaum profesional.

Sementara bagi mereka yang tinggal di pedesaan, mereka hidup rukun dan berdampingan. Saat senja tiba, mereka berkumpul kembali di rumah. Umumnya, karena letak masjid berjauhan dengan lokasi rumah, mereka melakukan shalat Magrib bersama keluarga di rumah masing-masing.

Hormati Korban, The Dark Knight Rises tidak Umumkan Hasil Penjualan

Posted: 21 Jul 2012 11:14 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, -- Film The Dark Knight Rises disebut mendapat penjualan tinggi dalam pemutarannya di sepanjang akhir minggu ini.

Namun terkait insiden penembakan yang menewaskan 12 orang (awalnya disebutkan 14 orang) dalam pemutaran The Dark Knight Rises jumat lalu, pihak Warner Bros sepakat untuk tidak mengumumkan hasil penjualan film tersebut. Hal ini dimaksudkan untuk menghormati para keluarga korban.

"Untuk menghormati para korban dan keluarga mereka, Warner Bros Pictures tidak akan melaporkan angka box office untuk The Dark Knight Rises sepanjang akhir pekain ini," ungkap Warner Bros Pictures dalam satu pernyataan.

Sebelum mengambil keputusan ini, Burbank Studio melaporkan bahwa The Dark Knight Rises (TDKR) telah mengumpulkan pendapatan sebesar 30,6 juta dolar AS.

Sutradara The Dark Knight Rises, Chritsopher Nolan kemarin menyampaikan rasa dukanya yang mendalam pada keluarga korban seraya mengutuk tindakan mematikan itu.

"Tidak ada kata yang dapat mengekspresikan perasaan kami untuk para korban tak bersalah dari satu kejahatan yang mengerikan," kata Nolan.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan