Rabu, 13 Jun 2012

Sindikasi welcomepage.okezone.com

Sindikasi welcomepage.okezone.com


Tidur, Hormon Pertumbuhan Bayi Bekerja Aktif

Posted: 13 Jun 2012 01:37 AM PDT

TIDUR merupakan aktivitas yang sering kali dilakukan oleh si kecil. Selain itu, manfaat tidur juga membantu tumbuh kembang bayi lebih optimal.

 
Tidur memang merupakan momen penting bagi hormon-hormon yang ada dalam tubuh bayi bekerja secara aktif. Saat bayi tidur, sekira 75 persen hormon pertumbuhan dikeluarkan.
 
"Pada waktu tidur, ada hormon-hormon yang keluar. Ada dua fase, pertama fase Rapid Eye Movement (REM) dan kedua non-REM. Pada kedua fase tersebut, ada banyak manfaatnya. Di saat-saat tersebut banyak hormon yang keluar pada tubuh dan otak bayi," tutur dr. Rosalina Dewi Roeslani, SpA(K) di Djakarta Theatre, Jakarta, Selasa, 12 Juni 2012.
 
Hormon-hormon tersebut bertugas merangsang pertumbuhan tulang dan jaringan, serta mengatur metabolisme tubuh, termasuk juga otak bayi. Selain itu, hormon pertumbuhan memungkinkan tubuh bayi memperbaiki dan memperbaharui seluruh sel yang ada di tubuh, mulai dari sel kulit, sel darah, sampai sel saraf otak.
 
"Proses pembaharuan sel ini akan berlangsung lebih cepat lagi ketika bayi terlelap daripada saat bayi bangun," jelasnya.
 
Selama tidur, aliran darah ke otak juga meningkat selama tahap tidur REM atau tahap tidur aktif. Hal ini berperan penting dalam kesehatan psikis bayi dan aktivitas otak bayi, sehingga memungkinkan optimalnya tumbuh kembang otak bayi.
 
Semakin muda usia bayi, semakin banyak waktu tidur yang dibutuhkan. "Rata-rata bayi membutuhkan waktu tidur sekira 16 hingga 20 jam dalam satu hari," tutupnya.
(tty)

Kasus Sabu Wakil Bupati, Wakasat Narkoba Dicopot

Posted: 13 Jun 2012 01:35 AM PDT

MAKASSAR - Wakasat Narkoba Polrestabes Makassar, Kompol Anwar Danu, dicopot dari jabatannya. Pencopotan Anwar terkait kasus narkoba yang melibatkan Wakil Bupati Luwu, Syukur Bijak.

Syukur bersama enam rekannya ditangkap dalam penggerebekan oleh polisi dan petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) pada Sabtu pekan lalu. Lokasi penggerebekan ialah sebuah rumah di Kompleks Villa Permata, Makassar, Sulawesi Selatan.

Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Erwin Triwanto, mengatakan, Anwar dicopot karena melanggar standar operasional prosedur tentang penyerahan hasil tes urine tujuh orang tersebut.

Anwar menyerahkan hasil tes urine pada Senin 11 Juni, sementara pelaku sudah ditangkap pada Sabtu 9 Juni malam sekira pukul 21.30 Wita.

Seperti diketahui, hasil tes urine terhadap Syukur dan rekan-rekannya dinyatakan negatif.

Anwar kini dimutasi ke bagian pelayanan masyarakat Polda Sulselbar. Posisi Anwar diganti oleh AKP Nawu Thaiyeb.

(Rudi Gunawan/Sindo TV/ton)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan