Rabu, 13 Jun 2012

KOMPAS.com - Nasional

KOMPAS.com - Nasional


Pendiri Khawatir Demokrat Akan Lebih Buruk dari 2004

Posted: 13 Jun 2012 11:08 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com - Para pendiri dan deklarator Partai Demokrat khawatir, jika masalah di internal partai tidak diperbaiki dengan serius, maka tingkat dukungan publik terhadap partai bakal terus melorot hingga di bawah 10 persen. Bahkan, bukan tidak mungkin hasil Pemilihan Umum 2014 akan berada di bawah capaian Demokrat pada Pemilu 2004, yakni sebesar 7,45 persen.

Hal itu dikatakan oleh Ketua Umum Forum Komunikasi Pendiri dan Deklarator Partai Demokrat Ventje Rumangkang saat memberi sambutan dalam pertemuan berbagai unsur Partai Demokrat di Jakarta, Rabu (13/6/2012) malam.

Pertemuan itu diikuti oleh pendiri, deklarator, jajaran Dewan Pembina, pengurus Dewan Pimpinan Pusat, dan Ketua Dewan Pimpinan Daerah Tingkat I Partai Demokrat. Pertemuan yang dibuka oleh Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono itu akan digelar hingga Kamis hari ini.

Ventje membandingkan merosotnya tingkat dukungan publik terhadap Partai Demokrat itu dengan pencapaian pemerintah, terutama di sektor ekonomi. Lebih dari lima tahun, kata dia, pertumbuhan ekonomi Indonesia rata-rata di atas 6 persen.

"Semua prestasi (pemerintah) tidak berimbas positif bagi citra dan elektabilitas Partai Demokrat. Malah saat ini Partai Demokrat dalam keadaan genting. Berbagai lembaga survei melansir elektabilitas Demokrat terus menurun. Hasil survei Lembaga Survei Indonesia, elektabilitas Demokrat turun dari 21 persen pada 2009 menjadi 13,7 persen pada Februari 2012 . Jika pemilu digelar hari ini, Partai Demokrat hanya nomor dua, bahkan sangat berpotensi menjadi nomor tiga," ujarnya.

Untuk itu, lanjut anggota Dewan Pembina Partai Demokrat itu, partai harus disingkirkan dari anasir-anasir yang merusak. Partai tidak boleh tersandera atau disandera oleh hal-hal negatif sekecil apa pun. "Siapa pun harus sadar sesadar-sadarnya bahwa kepentingan individu tidak bisa mengorbankan masa depan partai ini," kata Ventje.

SBY: Demokrat, Jangan Main-main dengan APBN-APBD!

Posted: 13 Jun 2012 11:08 AM PDT

SBY: Demokrat, Jangan Main-main dengan APBN-APBD!

Hindra Liu | Heru Margianto | Kamis, 14 Juni 2012 | 00:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta anggota Fraksi Partai Demokrat di DPR RI tidak bermain-main dengan anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), serta Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Yudhoyono mengaku mendengar masih ada sejumlah anggota Fraksi Partai Demokrat yang hendak bermain-main dengan APBN dan APBD.

Permintaan ini disampaikan Yudhoyono pada acara "Silaturahim Pendiri dan Deklarator Partai Demokrat" di Hotel Sahid Jaya, Jakarta, Rabu (13/6/2012). Turut hadir pada acara tersebut antara lain jajaran pendiri dan deklarator, jajaran anggota Dewan Pembina, Dewan Pimpinan Pusat, serta ketua-ketua DPD tingkat I.

Ketua Umum DPP PD Anas Urbaningrum tidak tampak pada acara tersebut. Pada kesempatan itu, Yudhoyono meminta para anggota legislatif, pejabat negara, serta kepala-kepala daerah yang berasal dari partai pemenang pemilu 2009 tersebut menandatangani pakta integritas. Seluruh kader Partai Demokrat diminta menaati pakta integritas. Ia tak merinci isi pakta integritas itu

"Cegah pula terjadinya penyimpangan," katanya. 

Ia meminta kepada seluruh kader Partai Demokrat untuk berpolitik secara bersih, cerdas, dan santun. Partai Demokrat, kata Yudhoyono, turut mendukung pemberantasan korupsi di Indonesia.

Saat ini sejumlah kader Partai Demokrat tengah tersandung masalah hukum terkait penggunaan dana APBN. Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin divonis empat tahun 10 bulan penjara terkait kasus korupsi pembangunan wisma atlet. Politisi Partai Demokrat Angelina Sondakh kini mendekam di tahanan KPK terkait dugaan korupsi dalam proyek di Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Kementerian Pendidikan Nasional. Sementara, Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum disebut-sebut terlibat dalam dugaan penyimpangan anggaran dalam proyek Hambalang.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan