Rabu, 27 Jun 2012

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Kedubes Kanada Rayakan Canada Day

Posted: 27 Jun 2012 07:01 AM PDT

JAKARTA - Kedutaan Besar Kanada di Indonesia menyelenggarakan hari lahir Kanada atau yang biasa disebut Canada Day ke-145. Perayaan ini sekaligus menandai 60 tahun hubungan diplomatik Kanada-Indonesia.

"Sejak berdiri 145 tahun yang lalu kini Kanada telah tumbuh menjadi sebuah negara yang kami banggakan, negara yang memiliki kekuatan ekonomi menggetarkan. Kanada kini adalah salah satu negara dengan standar hidup tertinggi didunia dan kami memiliki pendidikan terbaik," ujar Duta Besar Kanada Mackenzie Clugston dalam pidato sambutannya di Hotel Shangri-La Jakarta, Rabu, (27/6/2012).

Dalam sambutannya, Dubes Clugston juga menyampaikan selama ini Kanada telah memberikan kontribusi positif bagi dunia internasional termasuk dalam hubungan bilateralnya dengan Indonesia.

"Kami bangga dengan kontribusi berkelanjutan kami di dunia internasional dan nilai-nilai terus kami jaga baik di dalam maupun di luar negeri. Tujuan kami adalah terus melanjutkan kontribusi positif, memperluas hubungan dengan pihak manapun dimana kami membagi nilai dan kepentingan kami," tegas Clugston.

Perayaan hari lahir Kanada ini langsung dipimpin oleh Dubes Clugston. Dalam kesempatan ini juga akan hadir para diplomat, pejabat pemerintah, mitra bisnis Indonesia dan Kanada serta para berbagai kalangan lainnya.

Hari lahir Kanada kali ini menampilkan tema Kanada yang multikultural. Tema ini dinilai mewakilkan berbagai kondisi geografis Kanada melalui tempat-tempat, tradisi dan makanan khas masing-masing daerah.
(sus)

Ratu Inggris Temui Mantan Pemberontak IRA

Posted: 27 Jun 2012 06:01 AM PDT

LONDON - Ratu Inggris Ratu Elizabeth melakukan pertemuan sejarah dengan mantan komandan pemberontak Irish Republican Army (IRA) Martin McGuinness. Ini untuk pertama kalinya Ratu Elizabeth bertemu dengan sosok mantan pemimpin kelompok yang dianggap teroris itu.


Ratu Elizabeth pun berjabat tangan McGuinness dalam sebuah acara resmi di Belfast, Irlandia Utara. Pertemuan pun dilakukan jauh dari sorotan media di sebuah teater bersamaan dengan kunjungan resmi Ratu di Irlandia Utara. Demikian diberitakan Reuters, Rabu (27/6/2012).


Peristiwa bersejarah itu terjadi saat Ratu mengunjungi Enniskillen, yang dahulu menjadi lokasi kejadian pengeboman yang dilakukan oleh IRA pada 1987 silam. Insiden tersebut menyebabkan 11 orang tewas.


Tetapi di saat jabat tangan dilakukan antara Ratu dan McGuinness, kota Belfast dilaporkan dipenuhi aksi kerusuhan yang melibatkan para pemuda setempat. Polisi tampak dilempari oleh bom molotov sekelompok pemuda yang tengah mengamuk tersebut.


Pertemuan antara kedua tokoh ini menjadi batu loncatan penting antara hubungan Anglo-Irlandia, seteah tiga dekade diwarnai dengan konflik sekterian. Inggris dan pemberontak Irlandia Utara akhirnya berhasil menggapai perjanjian damai yang dikenal dengan Good Friday pada 1998 silam.


McGuinness sendiri dikenal sosok komandan IRA yang paling dikenal. Dirinya menjadi pemimpin saat pasukan paramiliter IRA melakukan serangan terhadap paman dari suami Ratu Inggris, Pangeran Phillip yakni, Lousi Mounbatten pada 1979 silam. Saat itu McGuinness memimpin pengeboman terhadap pengeboman kapal Louis Mounbatten ketika sedang berlibur di Irlandia.

(faj)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan