Rabu, 27 Jun 2012

ANTARA - Hiburan

ANTARA - Hiburan


Berinteraksi dengan para komikus di Popcon Asia

Posted: 27 Jun 2012 06:37 AM PDT

Popcon Asia berlangsung tanggal 27 Juni-1 Juli 2012 di Assembly Hall, Jakarta Convention Center, Senayan. (ANTARA News/Nanien Yuniar)

Berita Terkait

Jakarta (ANTARA News) - Para pengunjung Popcon Asia bisa berinteraksi langsung dengan para komikus di "Artist Alley" .

Begitu memasuki Assembly Hall Jakarta Convention Center, pengunjung pameran pop culture itu bisa menemui para pembuat komik di deretan stan yang dipisahkan oleh sekat. Ada label nama artis di dinding setiap stan.

"Ada 25 booth artist di sini, kami sengaja bikin konsep booth terbuka yang kecil biar bisa interaksi langsung," kata Marlin Sugama dari Main Studios yang turut memprakarsai Popcon Asia.

Marlin mengemukakan, sebagian besar komikus yang menempati "Artist Alley" adalah komikus baru yang belum punya banyak karya untuk dipamerkan.

"Kalau boothnya kecil kan gak terlalu repot untuk mengisi dengan karya-karyanya yang mungkin belum terlalu banyak. Bisa langsung tempel poster, di meja taruh aja komik yang sudah terbit," lanjut dia.

Marlin dan suaminya, Andi Martin, dari Main Studios bekerjasama dengan penerbit komik online Makko untuk mengadakan pameran Popcon Asia.

Kendati mengusung nama Asia namun pameran itu lebih banyak diramaikan komunitas pencipta seni kreatif seperti komikus dan animator dari Indonesia.

"Kami ingin showcase karya lokal seperti komik dan animasi. Itu kan sudah menjadi kebudayaan, pop culture. Digabungin deh untuk showcase," jelas Marlin.

Namun ada pula beberapa seniman dari negara tetangga seperti Filipina dan Singapura yang hadir dalam pameran itu. Salah satu komikus Filipina yang berpartisipasi di Popcon Asia adalah Harvey Tolibao, yang kini bekerja untuk perusahaan komik besar Amerika Serikat, Marvel Comics.

Bagi Marlin, jumlah pengunjung pameran pada hari pertama cukup menggembirakan. "Saya kira hari ini akan seperti kuburan, apalagi ini hari kerja," kata dia.

Dia berharap para pengunjung bisa mendapat inspirasi dari peserta pameran Popcon Asia. Marlin juga menjanjikan Popcon Asia akan berlanjut pada Juli tahun depan.

(nan)

Editor: Maryati

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca

Kirim Komentar

Komikus Dr.Vee akan buat sekolah komik

Posted: 27 Jun 2012 05:56 AM PDT

Jakarta (ANTARA News) - Komikus Indonesia pertama yang karyanya diterbitkan di Jepang, Vivian Wijaya alias Dr.Vee, akan membangun sekolah komik.

Menurut Dr.Vee, yang meninggalkan profesi dokter untuk menjadi komikus, sekolah Manga itu rencananya mulai dibuka tahun ini.

Dr.Vee membuat debut komik berjudul "Prambanana", sebuah komedi fantasi tentang legenda Candi Prambanan.
 
Sebelum membagi ilmu dengan murid-murid sekolah komiknya, pembuat "Kokkyonaki Gakuen" yang diterbitkan di laman Club Sunday milik Shogakukan Inc. itu akan berbagi kiat untuk menembus pasar komik Jepang di lokakarya Popcon Asia Master Class.

Popcon Asia adalah pameran pop culture yang menampilkan produk-produk industri kreatif seperti komik, animasi, musik, dan mainan. Pameran yang baru pertama kali diselenggarakan di Jakarta itu berlangsung di Jakarta Convention Center tanggal 27 Juni sampai 1 Juli 2012.

(nan)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan