Selasa, 19 Jun 2012

ANTARA - Berita Terkini

ANTARA - Berita Terkini


Festival Wayang Internasional berlangsung di Bandung

Posted: 19 Jun 2012 06:53 PM PDT

Bandung (ANTARA News) -  Festival Wayang dan Topeng International (International Mask and Puppet Festival) akan digelar di Kota Baru Parahyangan Bandung pada 30 Juni-1 Juli mendatang.

"Festival ini menjadi ajang temu budaya, pendidikan dan hiburan. Kegiatan digelar di Bale Pare Kota Baru Parahyangan," kata Direktur Festival King Entertainment Iman Noer Adi.

Pada festival itu akan tampil seniman berasal dari sejumlah negara seperti Swedia, Turki, Kamboja, Jepang, Meksiko, Ekuador, dan Australia.

Kedatangan seniman dunia itu membawa kebudayaannya masing-masing, sedangkan seniman Indonesia akan tampil antara lain maestro topeng dari Bali I Made Djimat, Didik Ninik Thowok, Aerly Rasinah, dalang Slamet Gundono.

Selain loka karya dan pertunjukan, katanya, akan digelar acara dialog interaktif tentang wayang dan topeng dengan menghadirkan Endo Suanda sebagai wakil akademisi, Mirwan Suwarso dan Opik Sunandar Sunarya sebagai wakil praktisi.

Seniman berasal dari Swedia selain akan tampil di panggung pertunjukan, juga menggelar lokakarya membuat wayang dari bahan-bahan sayuran.

Hal itu, katanya, akan menarik untuk dinikmati terutama oleh anak-anak karena akan memberikan inspirasi bahwa kesenian wayang memang sangat bervariasi.

Ia mengatakan, bagi Kota Baru Parahyangan, kegiatan sejenis merupakan suatu tanggung jawab yang besar untuk bersama-sama melestarikan budaya bangsa.

"Wayang memiliki filosofi yang sangat dalam dan luhur," kata Manager Marketing Kota Baru Parahyangan, Raymond.
(S033/M029)

25 negara peserta Kejuaraan Asia Senam di Palembang

Posted: 19 Jun 2012 06:45 PM PDT

Palembang (ANTARA News) - Kejuaraan Asia senam aerobik di Palembang, Oktober mendatang direncanakan diikuti utusan dari 25 negara.

"Sebanyak sepuluh negara sudah menyatakan ambil bagian, sementara target panitia pelaksana sendiri diikuti mencapai 25 peserta," kata Ketua Umum Pengurus Provinsi Persatuan Senam Seluruh Indonesia Sumsel Nasrun Madang.

Ke-10 negara yang sudah mendaftar itu antara lain Jepang, Korea Selatan, Hongkong, Vietnam, Kamboja, Indonesia, Australia dan Selandia Baru.

"Khusus Australia dan Selandia Baru bukan peserta karena di luar Asia, namun kedua negara itu bersedia berpartisipasi karena tertarik dengan perkembangan senam aerobik dalam beberapa tahun terakhir," ujarnya.

Pihaknya optimistis target puluhan negara peserta itu akan tercapai, mengingat Pengurus Besar Persatuan Senam Seluruh Indonesia (Persani) dan Asian Gymnastic Union (AGU) aktif mempromosikan kegiatan ini.

"Pendaftaran dilakukan sejak Juni hingga September 2012, jadi masih ada waktu untuk promosi," katanya.

Kejuaraan bergengsi dikawasan Asia itu akan mempertandingkan empat nomor lomba yakni perorangan putra, perorangan putri, pasangan, dan trio.

Sementara Wakil Ketua Umum KONI Sumsel Dhenie Zainal mengatakan pihaknya berkoordinasi dengan Pengurus Provinsi Persani dalam menyukseskan kejuaraan itu.

"Panitia pelaksana sudah terbentuk dan ke depan akan dilakukan koordinasi agar kegiatan berskala Asia ini berjalan sukses," katanya.
(ANT/039/M033)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan