Isnin, 16 April 2012

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


"Serangan Taliban Adalah Kegagalan NATO"

Posted: 16 Apr 2012 06:10 AM PDT

KABUL - Presiden Afghanistan Hamid Karzai mengatakan, serangan besar yang dilancarkan oleh militan Taliban di Kota Kabul dan tiga provinsi lainnya menunjukkan kegagalan dari North Atlantic Treaty Organization (NATO).

Karzai menilai, aparat keamanan Afghanistan dan militer memperlihatkan kapabilitasnya dalam mempertahankan Tanah Air dan menyediakan keamanan bagi masyarakat Afghanistan. Demikian seperti diberitakan Reuters, Senin (16/4/2012).

Militan Taliban melancarkan serangan ke Kota Kabul dan pada saat yang sama, 36 orang tewas akibat serangan itu. Serangan mematikan itu menuai kecaman dari berbagai pihak, karena pelaku serangan menargetkan serangannya ke kantor kedutaan besar dan markas NATO.

Meski demikian, Pemerintah Afghanistan menuding militan Haqqani yang terlibat dalam serangan selama 18 jam tersebut. Namun para militan Taliban mengklaim serangan ini mereka lakukan sebagai respons atas pernyataan NATO, yang menyebutkan bahwa pergerakan mereka lemah. Kelompok ini secara terang-terangan juga mengaku bertanggung jawab atas serangan ini.

Selain menyerang kedutaan besar serta gedung-gedung pemerintahan, kelompok Taliban juga dikabarkan melancarkan serangan ke Istana Kepresidenan Afghanistan. Karzai pun langsung diamankan secara ketat oleh para pasukan Afghanistan dan pengawal-pengawal pribadinya.(AUL)

Selandia Baru Tak Takut Instabilitas di ASEAN

Posted: 16 Apr 2012 05:32 AM PDT

JAKARTA - Perdana Menteri Selandia Baru John Key mengatakan, negaranya tidak terlalu mengkhawatirkan instabilitas yang suatu saat mungkin saja melanda kawasan ASEAN. Bahkan, dia menegaskan selama ini telah berpartisipasi menjaga stabilitas kawasan tersebut.

"Selandia Baru selama ini telah membangun hubungan baik sejumlah mitra yang merupakan negara-negara besar sebut saja Amerika Serikat (AS), Inggris dan sejumlah negara lainnya," ujar Perdana Menteri Selandia Baru John Key di sela-sela pertemuan bilateral dengan Sekretaris ASEAN Surin Pitsuwan di Gedung Sekretariat ASEAN di Jakarta, Senin, (16/4/2012).

Kunjungan kenegaraan PM John Key dilakukan untuk memenuhi undangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. PM John Key dijadwalkan akan berada di Jakarta hingga 18 April mendatang.

Dalam lawatannya ke Indonesia, PM John Key dilaporkan juga memboyong Menteri Perdagangan Selandia Baru serta delegasi yang berjumlah 40 orang, termasuk di antaranya  pebisnis terkemuka dari Selandia Baru.
 
Pada kunjungannya ke Gedung Sekretariat ASEAN, PM John Key pun mengutarakan harapannya untuk dapat meningkatkan kerjasama antara Selandia Baru dan negara-negara anggota ASEAN. Menurutnya, ASEAN merupakan pasar potensial ditengah krisis yang melanda AS dan Uni Eropa.

Kunjungan PM John Key ke ASEAN juga cukup mendapatkan apresiasi dari Sekretaris Jendral ASEAN Surin Pitsuwan, karena pada saat yang sama, Key mengutarakan harapannya untuk mempererat kerja sama dengan ASEAN.(AUL)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan