Selasa, 10 April 2012

Republika Online

Republika Online


Ini Alasan Perlu Bersihkan Wajah di Malam Hari

Posted: 10 Apr 2012 09:08 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, Wajah boleh dibilang merupakan aset utama seorang wanita. Tak heran, kecantikan wajah sangat penting untuk dijaga. Dengan kulit yang sehat dan indah, penampilan diri pun makin sempurna. Karena itu, perawatan wajah merupakan prioritas bagi wanita. Salah satu caranya dengan membersihkan wajah.

Ahli kecantikan dari Klinik Sakti Medika, dr Tina Wardhani Wisesa, SpKK (K), mengatakan salah satu waktu penting untuk membersihkan wajah adalah ketika malam hari. Mengapa ini sangat penting? Menurutnya, membersihkan wajah di malam hari berguna untuk membersihkan kulit wajah dari sisa kosmetik, debu, keringat dan minyak yang menempel pada wajah. "Dengan membersihkan wajah, kulit akan tampak segar, bersih, mencegah terbentuknya komedo berlebihan dan mencegah jerawat. Pada kondisi ini kulit siap untuk diberikan pelembab atau krim malam," jelasnya.

Tina menegaskan pemilihan pembersih wajah sebaiknya disesuaikan dengan jenis dan kondisi kulit. Bila pada pagi atau siang hari, wanita menggunakan make-up tebal, bersihkan wajah dimalam hari dengan menggunakan susu pembersih (cleansing milk) dan di bersihkan dengan wash lap basah. Kemudian kapas dibasahkan dengan toner dan di tepuk-tepuk di wajah.

Sementara untuk kulit berminyak atau berjerawat, pilihan bisa menggunakan sabun atau facial wash. Sedangkan, untuk kulit kering dapat menggunakan susu pembersih. Ia menambahkan untuk kulit normal dapat menggunakan susu pembersih atau sabun atau facial wash. Menurutnya, cara membersihkan wajah di malam hari tidak berbeda dengan pagi dan siang hari.

Cegah Kebakaran di Dapur, Ini Triknya

Posted: 10 Apr 2012 08:02 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, Dapur adalah bagian dari rumah yang punya risiko besar mengalami kebakaran. Apalagi bila sang empunya rumah tak menunggui masakannya. Sayangnya, tak banyak orang mempunyai pengetahuan dan kesiapan untuk mencegah timbulnya kebakaran yang tak terkendali. Salah satu hal terpenting adalah menyiapkan pemadam kebakaran yang bisa memadamkan api dari materi yang mudah terbakar, minyak, dan peralatan elektronik.

Bila Anda memiliki alat pemadam kebakaran. Bacalah baik-baik petunjuknya jauh-jauh hari sehingga Anda sudah hafal prosedur penggunaannya luar kepala. Membaca dalam keadaan panik saat musibah terjadi adalah sia-sia.

Menggunakan alat pemadam kebakaran secara benar, ingatlah:
Tarik pin-nya
Arahkan pemadam kebakaran pada pangkal api
Tekan pemantiknya
Gerakkan alat pemadam kebakaran itu dari sisi satu ke sisi yang lain.

Tak punya alat pemadam kebakaran? Minimal Anda harus memiliki karung goni di rumah. Karung goni basah cukup efektif mematikan kebakaran skala kescil. Caranya, cukup menutup api dengan karung goni basah tersebut.

Anda tak memerlukan sebuah alat pemadam kebakaran untuk sebagian besar kebakaran. Misalnya, bila minyak di dalam panci tiba-tiba terbakar, gunakan cempal untuk memasang tutup panci. Tutuplah pancinya, kemudian matikan kompornya.

Bila api dimulai dari dalam oven, matikan oven, tutup pintu oven, dan awasi asapnya. Bila oven tetap berasap dan api membesar mintalah bantuan petugas pemadam kebakaran. Sebagai tindakan preventif, bersihkan oven Anda secara teratur untuk mencegah sisa makanan bertumpuk. Tumpukan sisa makananlah yang paling sering menyebabkan terbakarnya oven.

Jangan gunakan air untuk mematikan api dari minyak. Air akan menyebarkan minyak dan memperluas kebakaran. Caranya, tutup api dengan benda solid yang tahan api atau alat pemadam kebakaran.

Jangan letakkan aluminium foil atau logam lainnya dalam oven microwave kecuali bila benda itu dirancang khusus untuk penggunaan microwave. Logam dapat menimbulkan percikan dan membakar atau melumerkan plastik dari microwave Anda.

Satu hal yang tak boleh Anda abaikan, letakkan kotak P3K di dapur. Kotak ini harus berisi perban, krim luka bakar. Siapkan skenario penyelamatan dari kebakaran bagi keluarga Anda. Setiap orang harus tahu cara mencapai jalan keluar rumah yang terdekat dan aman.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan