Jumaat, 17 Februari 2012

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


"India Tak Bersatu dengan AS untuk Hadapi China"

Posted: 17 Feb 2012 06:03 AM PST

NEW DELHI - Menteri Pertahanan India AK Antony menegaskan kedekatan hubungan antara India dan Amerika Serikat (AS) tidak ditujukan untuk menghadapi China.

"Tidak, hal itu tidak benar. Kami memang memperkuat angkatan bersenjata kami dengan memberikannya persenjataan yang modern. Namun, hal itu tidak ditujukan untuk menyerang negara lain. Kami melakukan hal itu untuk melindungi wilayah kami," ujar Antony seperti dikutip PTI, Jumat (17/2/2012).

Antony mencoba untuk menjawab banyaknya pertanyaan atas kedekatan hubungan antara AS dan India serta peningkatan kekuatan militer China. Pejabat intelijen AS sebelumnya bahkan sempat memprediksikan akan adanya konfrontasi kecil antara Negeri Bollywood dan Negeri Panda di masa yang akan datang.

"Kami ingin memiliki persenjataan yang sangat canggih serta kekuatan yang sanggup melindungi diri dari segala bentuk ancaman," imbuhnya.

India yang sebelumnya sangat bergantung pada senjata-senjata buatan Rusia, mulai beralih membeli persenjataan buatan Negeri Paman Sam. Transaksi perlengkapan militer India dan AS bahkan sudah mencapai miliaran dolar. India dikabarkan membeli pesawat C-130J dan C-17 sebagai alat transportasi pasukannya.

Selain itu, India juga membeli beberapa perangkat intai untuk kekuatan maritimnya dan kapal perang buatan AS, USS Trenton.

Namun untuk pertahanan udara, India tampaknya lebih memilih pesawat jet Rafale buatan Dassault Aviation, Prancis, ketimbang F-16 atau F-18 buatan AS.(AUL)

Pemilihan Kandidat Presiden Jerman Via Pemilu

Posted: 17 Feb 2012 05:22 AM PST

BERLIN - Kanselir Jerman Angela Merkel berniat untuk mencari presiden baru Jerman melalui mekanisme pemilihan umum.
 
"Kami akan mengadakan dialog dengan pihak oposisi untuk membahas situasi setelah Presiden Christian Wulff mundur. Saat ini, kami mungkin akan memilih kandidat presiden Jerman di pemilihan umum mendatang," ujar Merkel, seperti dikutip Associated Press, Jumat (17/2/2012).
 
Beberapa partai yang akan berdialog dengan Merkel adalah Partai Sosial Demokrat dan Partai Hijau Jerman. Namun, hingga kini Pemerintah Jerman masih belum memastikan agenda tersebut secara pasti. Wulff, mundur sebelum masa jabatannya habis. Seperti diketahui, masa jabatan seorang Presiden Jerman umumnya berlangsung selama lima tahun.

Wulff sendiri menjabat sebagai Kepala Negara Jerman pada 2010 lalu, hal itu menandakan bahwa dirinya belum lama duduk di kursi Presiden Jerman.

Posisi Wulff juga akan digantikan oleh Horst Seehofer, seorang politisi dari Partai Uni Sosial Kristen (CSU). Horst sendiri sudah pernah menduduki kursi menteri di negara yang sempat dipimpin oleh Adolf Hitler itu.

(AUL)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan