Jumaat, 24 Februari 2012

ANTARA - Hiburan

ANTARA - Hiburan


Masyarakat Melayu Kepri pintar jaga budayanya

Posted: 24 Feb 2012 05:22 AM PST

Jakarta (ANTARA News) - Budayawan Riau Al Azhar menyatakan apresiasinya terhadap masyarakat Melayu di Kepulauan Riau karena telah mampu berpegang teguh pada budayanya di tengah terjangan kebudayaan global yang kuat.

"Kebudayaan Melayu di Kepulauan Riau akan terus ada, gelombang kebudayaan apapun yang menerpa; sejak kedatangan bangsa Portugis sampai Inggris, masyarakat Melayu tetap berpegang teguh pada tradisi Melayu-nya," kata Al Azhar dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat mengenai Seminar Internasional VIII dan Festival Tradisi Lisan yang akan digelar di Tanjungpinang.

Al Azhar mengatakan bahwa berdasarkan letak geografisnya, masyarakat di Kepulauan Riau seharusnya adalah masyarakat yang paling terkena dampak budaya global.

"Istilahnya, hanya berhanyut kita sudah sampai ke negara-negara kosmopolitan seperti Singapura dan Malaysia tapi masyarakat di Kepulauan Riau masih bisa berpegang teguh pada budayanya," kata dia.

Hal tersebut terjadi, menurut Al Azhar, karena masyarakat Melayu di Kepulauan Riau memiliki mekanisme beradaptasi yang bagus.

"Masyarakat Melayu di Kepulauan Riau adalah para penunggang gelombang kebudayaan global, bukan penghadang," kata dia.

Oleh karena itu, Al Izhar mengimbau agar generasi muda masa kini tidak anti terhadap kebudayaan global.

"Kebudayaan global jangan ditantang tapi tunggangi, karena kalau kita melawan kita bisa terhempas, gelombang itu sekarang sangat besar dan tidak mungkin dibendung," kata dia.

Al Azhar menambahkan, generasi muda harus pintar-pintar menyerap apa yang baik dan menolak yang buruk.
(T.I027/Z002)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Chris Brown "ngembat" HP penggemar

Posted: 24 Feb 2012 04:26 AM PST

Jakarta (ANTARA News) - Mantan kekasih Rihanna, Chris Brown, tampaknya akan segera menghadapi masalah baru.

Dia diduga menyambar telepon genggam seorang perempuan yang mencoba mengabadikan gambar Brown di sebuah pelataran klub malam di Miami Beach.

"Hey, kau nggak akan bisa pasang foto itu di internet," ujar penyanyi berusia 22 tahun itu, yang marah kepada penggemarnya.

Dia lalu mengambil telepon genggam itu melalui jendela mobil mewahnya, pada Minggu sekitar pukul 04.00 waktu setempat, sebagaimana yang dilaporkan oleh People.

Menurut laporan dari polisi, Brown merebut telepon genggam itu dari tangan sang penggemar.

Sejauh ini belum ada tuntutan yang diajukan, mengingat kasus itu masih diselidiki pihak berwenang.

"Jaksa masih menanyai para saksi dan mengkaji semua materi yang diberikan oleh kepolisian Miami Beach," ujar kepala kejaksaan Katherine Fernandez Rundle.

Rundle juga menyebutkan bahwa setelah pengkajian tersebut selesai, maka tindakan selanjutnya akan segera diambil.

Kepolisian Miami Beach melaporkan insiden tersebut atas pengaduan Christal Shanae Spann yang menuntut penyanyi R&B tersebut dengan tuduhan perampokan, di luar klub malam Cameo.

Brown pernah dihukum dengan masa percobaan lima tahun setelah melakukan tindak kekerasan terhadap mantan kekasihnya Rihanna, tepat sebelum perhelatan Grammy 2009.

Juru bicara Brown hingga kini masih belum dapat dimintai keterangan atas insiden tersebut.
(M048)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Tiada ulasan:

Catat Ulasan