Khamis, 19 Januari 2012

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Schettino Nahkodai Kapal bak Menyetir Ferrari

Posted: 19 Jan 2012 06:37 AM PST

ROMA - Siapa yang tidak tahu mobil sport Ferrari yang dapat melaju kencang di jalan raya. Kapten Kapal Costa Concordia Francesco Schettino, dianggap menahkodai kapalnya bak mengendarai sebuah Ferrari ketika pada akhirnya kapal itu karam di Italia.


Perumpamaan ini dikeluarkan oleh salah satu kru dari kapal nahas tersebut. Martino Pellegrino yang berada di atas kapal saat kecelakaan terjadi, dinilainya membawa kapal ugal-ugalan.


"Jika saya disuruh membuat perbandingan, kami melihatnya membawa kapal seperti halnya seorang supir membawa sebuah bus yang dianggap layaknya seperti Ferrari," jelas Pellegrino seperti dikutip Surat Kabar La Republica, Kamis (19/1/2012).


Memang layak dipertanyakan manuver yang dilakukan oleh Schettino di perairan dangkal dekat Pulau Giglio, Tuscan. Dirinya merubah arah kapal dari rute yang biasanya dilalui.


Akibat ulahnya itu, kapal menabrak karang dan karam. 11 orang penumpang tewas dalam kecelakaan ini, sementara 21 lainnya diketahui masih hilang.


Kini dirinya harus puas dijatuhi hukuman tahanan rumah. Meskipun dakwaan resmi belum dijatuhkan kepada pria berusia 52 tahun tersebut, Schettino sudah kepalang menjadi musuh nomor satu rakyat Italia.


Dirinya diketahui meninggalkan kapal saat penumpang menyelamatkan diri. Namun dirinya membantah tuduhan itu, ia mengaku terjatuh ke dalam sekoci kapal dan tidak bisa kembali ke kapal pesiar itu.


Tetapi adik dari Schettino yakni Giulia Schettino mengatakan, kakaknya menjadi kambing hitam dalam kecelakaan ini. Giulia menilai tuduhan yang diarahkan padanya belum dapat dibuktikan hingga saat ini.


"Kakak saya akan membuktikan diri bahwa dirinya tidak bertanggungjawab atas kejadian yang berlangsung," jelas Giulia.


Berdasarkan kode etik navigasi Italia, Schettino terancam penjara selama 12 tahun. Namun hukuman sepertinya bisa lebih berat karena Schettino diancam melakukan pembunuhan, meninggalkan kapal dan menyebabkan kapal karam.

(faj) Full content generated by Get Full RSS.

Pencarian Korban Kembali Dilanjutkan

Posted: 19 Jan 2012 05:35 AM PST

GIGLIO- Setelah sebelumnya proses pencarian dihentikan akibat bergeraknya kapal pesiar Costa Concordia, kini regu penyelamat kembali melanjutkan pencarian korban hilang akibat kecelakaan ini. 


Sementara proses penyelamatan berlanjut, pihak penyelamat kapal mulai bekerja untuk memompa bahan bakar yang berada di kapal pesiar mewah itu. Sekira 500 ribu galon bahan bakar dibawa oleh kapal pesiar itu. 

Setelah pemantauan dilakukan di sekitar kapal, mereka memastikan bahwa kondisi di sekitarnya sudah aman. Mereka pun segera memulai kembali pencarian korban. 
Hingga saat ini sudah ada 11 korban tewas ditemukan dalam kecelakaan ini. Sementara 21 lainnya dilaporkan masih hilang. 


"Tes di sekitar perairan saat malam hari dinyatakan aman. Para penyelam akan kembali turun ke bawah permukaan laut sekarang," jelas juru bicara penjaga pantai Italia Filippo Marini seperti dikutip ABC, Kamis (19/1/2012).


Dari lanjutan penyelidikan dari kecelakaan diketahui, Kapten Costa Concordia Francesco Schettino meninggalkan kapal di saat penumpang tengah berjuang menyelamatkan diri.


Selain itu diketahui pula bahwa Schettino menunda proses evakuasi terhadap penumpang, sekira 45 menit setelah kapal itu menabrak karang dan kemudian karam.


Akibat lambannya Schettino, beberapa kru Costa Concordia dikabarkan melakukan pemberontakan terhadap Schettino. Mereka pun memerintahkan para penumpang untuk menaiki sekoci guna menyelamatkan diri.


Bila benar terbukti bahwa Schettino memang menunda proses evakuasi, maka dapat dipastikan nama kapten itu akan menjadi bulan-bulanan di Negeri Pizza tersebut.


Sebelumnya Schettino sudah menjadi musuh rakyat Italia saat rekaman percakapannya dengan Kepala Pelabuhan Gregorio De Falco. Pria berusia 46 tahun itu berteriak kepada Schettino untuk kembali ke kapal. Namun perintahnya itu ditolak oleh Schettino.


Kini Schettino berada dalam rumahnya untuk menjalani tahanan rumah. Jaksa penuntut umum Italia sepertinya akan mendakwa Schettino atas tuduhan pembunuhan, meninggalkan kapal dan menyebabkan kapal karam.

(faj) Full content generated by Get Full RSS.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan