Sabtu, 31 Disember 2011

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Iran Tunda Uji Coba Misil Jarak Jauh

Posted: 31 Dec 2011 01:01 AM PST

TEHERAN - Pejabat militer Iran melaporkan, uji coba misil jarak jauhnya ditunda. Namun, mereka tetap akan melaksanakan uji coba senjata maut itu beberapa hari ke depan.

"Latihan untuk uji coba misil jarak jauh akan kami lakukan beberapa hari ke depan," ujar pejabat militer Iran Mahmoud Mousavi, seperti dikutip Reuters, Sabtu (31/12/2011).

Salah satu misil jarak jauh Iran adalah Shabab-3 yang dapat menjangkau target sejauh 2 ribu kilometer. Misil itu juga sanggup menggempur basis militer Amerika Serikat (AS) dan Israel di Timur Tengah.

Sebelumnya, Mousavi mengatakan, penembakan misil jarak jauh itu akan menjadi puncak dari latihan militer 10 hari yang digelar oleh Negeri Persia itu. Uji coba itu juga dilaksanakan di tengah adanya ketegangan hubungan antara AS dan Iran.

Negeri Persia itu kerap mengancam akan menutup Selat Hormuz yang menjadi sarana distribusi migas dunia. Meski demikian, AS sudah memperingatkan Iran agar tidak menutup jalur migas itu. Penutupan Selat Hormuz hanya akan menyebabkan kekacauan dalam perekonomian dunia.

Seiring dengan adanya laporan penundaan uji coba misil, Iran juga dikabarkan sedang mengusulkan untuk mengadakan dialog nuklir bersama AS, Rusia, China, Inggris, Prancis, dan Jerman pada Januari mendatang.(rhs)

Full content generated by Get Full RSS.

Dukung Iran, Kandidat Presiden AS Dicerca

Posted: 31 Dec 2011 12:01 AM PST

IOWA - Kandidat Presiden Amerika Serikat (AS) Ron Paul mengatakan, Iran tidak mengancam keamanan nasional AS. Paul juga menegaskan, bila dirinya terpilih sebagai Presiden AS, dia tidak akan menyerang Iran.

"Bila sebuah negara ingin mengobarkan perang dengan Iran, itu adalah urusan negara yang bersangkutan. Selama ini, tidak ada bukti yang menunjukkan, Iran membangun senjata nuklir," ujar Paul, seperti dikutip ABC, Sabtu (31/12/2011).

Pernyataan kandidat Presiden AS dari Partai Republik itu tampak sangat bertentangan dengan pernyataan Menteri Pertahanan AS Leon Panetta. Panetta sebelumnya memprediksikan, dalam beberapa tahun ke depan, Iran sudah akan memiliki senjata nuklir.

Sikap Paul terhadap Iran juga mendapat kecaman keras dari para kandidat Presiden AS yang lain. Kandidat Presiden AS lain juga menilai, Paul mudah diserang dalam isu keamanan nasional AS.

"Kalian tidak perlu memilih seorang kandidat Presiden AS yang akan membiarkan Iran memiliki senjata nuklir untuk menyingkirkan Israel," ujar kandidat Presiden AS Rick Perry.

Kandidat lainnya seperti Mitt Romney dan Michelle Bachman juga menyatakan hal yang sama dengan apa yang dikatakan Perry.

Menurut poling dari NBC, Ron Paul mendapatkan posisi kedua di IOWA. Meski demikian, Mitt Romney tampak mengunggulinya. Paul juga sudah mengadakan kampanye di beberapa universitas di IOWA dan New Hampshire.(rhs)

Full content generated by Get Full RSS.

Tiada ulasan:

Catat Komen