Jumaat, 4 November 2011

ANTARA - Mancanegara

ANTARA - Mancanegara


Muslim Kasghar, China, Salat Iduladha 7 November

Posted: 04 Nov 2011 06:45 PM PDT

Masjid Idkah, Kashgar, China. (FOTO Adi Lazuardi)

.... Setelah itu mereka menari dan menyanyi di tempat-tempat umum. Menari dan menyanyi adalah kebudayaan etnis Uyghur

Berita Terkait

Video

     Kashgar (ANTARA News) - Masyarakat muslim di Kasghar, Xinjiang, salat Iduladha 1432 Hijriah pada hari Senin, 7 November 2011, atau lebih lambat satu hari dibandingkan dengan Indonesia dan Malaysia.

     "Sekitar 100.000 orang yang akan salat Id di Masjid Idkah, Kashgar," kata imam masjid Idkah di Kashgar, Sabtu, kepada para wartawan Indonesia dan Malaysia yang diundang CRI (China Radio International) untuk meliput kota yang mayoritas penduduknya muslim, salah satunya adalah Kashgar.

      Kashgar adalah salah satu kota di Provinsi Xinjiang, China. Kota yang berbatasan dengan negara Kyrgyzstan, Afghanistan, dan Pakistan. Mayoritas penduduk kota Kashgar merupakan etnis Uyghur beragama Islam.

      Di kota yang punya peran strategis dalam jalur sutra (silk road) itu merayakan hari raya haji hingga libur tiga hari.

      "Usai salat Iduladha, biasanya warga muslim berkumpul bersama keluarga, memotong kurban di rumah sendiri, dan membagikan kepada fakir miskin. Setelah itu mereka menari dan menyanyi di tempat-tempat umum. Menari dan menyanyi adalah kebudayaan etnis Uyghur," kata pemandu turis Kaderya.

      "Di depan Masjid Idkha, ada publik area dan berada di pusat kota selalu ramai orang menari dan menyanyi," kata Kaderya.

      Masjid Idkah adalah masjid terbesar di China dan masjid bersejarah di dalam perkembangan di negeri Tiongkok. Tempat ibadah ini dibangun pada tahun 1442.

      Dalam merayakan Iduladha, suasana di kota Kashgar sangat terasa  sibuk. Hal itu dapat dilihat di pasar ternak Goza dan di Bazzar Kashgar, salah satu pasar terbesar yang sudah ada sejak 2000 tahun lalu, ramai masyarakat muslim berbelanja untuk persiapan Iduladha.

      Pasar ternak Goza merupakan tempat pembelian domba, hewan kurban. Domba yang berbulu tebal dan besar dijual antara 2.000 yuan dan 3.000 yuan, tergantung dari beratnya. Bazzar Kashgar merupakan pertokoan yang banyak menjual segala jenis barang.
(A029)

Editor: Kliwon

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full content generated by Get Full RSS.

AL Israel sergap kapal bantuan tujuan Gaza

Posted: 04 Nov 2011 09:35 AM PDT

Yerusalem (ANTARA News) - Angkatan Laut Israel hari Jumat menyergap dua kapal internasional yang membawa para aktivis pro-Palestina yang berusaha menerobos blokade terhadap Jalur Gaza, kata militer dalam sebuah pernyataan.

"Sesaat lalu, pasukan Angkatan Laut Israel menaiki kapal-kapal yang sedang dalam perjalanan menuju Jalur Gaza, berusaha menerobos blokade keamanan maritim yang diberlakukan sesuai dengan hukum internasional," katanya dilansir dari AFP.

(Uu.M014)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full content generated by Get Full RSS.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan