Jumaat, 8 Julai 2011

KOMPAS.com - Regional

KOMPAS.com - Regional


Gara-Gara Status Facebook, 2 Desa Bentrok

Posted: 08 Jul 2011 07:51 AM PDT

Gara-Gara Status Facebook, 2 Desa Bentrok

K1-11 | Glori K. Wadrianto | Jumat, 8 Juli 2011 | 14:51 WIB

BADUNG, KOMPAS.com - Jejaring sosial Facebook kembali disalahgunakan oleh penggunanya. Di Kabupaten Badung, Bali, pemuda dua desa terlibat bentrok gara-gara saling ejek di status situs jejaring sosial yang penggunanya lebih dari 100 juta di Indonesia.

Bentrok ini diawali dari status facebook salah seorang pemuda di Desa Sading, Mengwi, Kamis (7/7/2011) kemarin. Tidak jelas status apa yang ditulis, namun salah seorang pemuda Desa Sempidi mengomentari status tersebut bernada menghina.

Sang pemilik akun yang tidak terima atas hinaan tersebut mendatangi pemuda asal Desa Sempidi itu bersama sekitar 20 orang temannya. Setibanya di Desa Sempidi, sekitar 10 pemuda yang tak terima dengan kedatangan mereka kemudian terlibat bentrok.

Akibat kejadian ini, salah seorang pemuda Desa Sempidi mengalami luka serius terkena sabetan senjata tajam. "Dugaan sementara korban terkena sabetan pedang, karena saat kita melakukan olah TKP, kami berhasil mengamankan sebuah pedang," kata Kasat Reskrim Polres Badung, AKP I Nengah Sadiarta.

Polisi yang tiba di lokasi tak lama setelah mendapat laporan bentrok berhasil mengendalikan situasi dan mengamankan seorang pemuda dari salah satu desa. "Untuk sementara kami baru mengamankan seorang dari pihak pemuda Sading, dia kami tangkap dua jam setelah terjadi aksi bentrok," jelas Sadiarta.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Perjuangkan Lasminingrat Lewat Operet

Posted: 08 Jul 2011 07:38 AM PDT

Calon Pahlawan Nasional

Perjuangkan Lasminingrat Lewat Operet

K48-11 | Glori K. Wadrianto | Jumat, 8 Juli 2011 | 14:38 WIB

GARUT, KOMPAS.com - Keinginan masyarakat Garut untuk menjadikan R.A.Lasminingrat sebagai pahlawan nasional tetap terlihat kukuh. Salah satunya adalah ketika para istri muspida Kabupaten Garut yang tergabung dalam Trio 'Threenie', Kamis kemarin memainkan operet 'R.A.Lasminigrat dalam puisi dan lagu'.

Ditemui usai acara di Gedung Pendopo Kabupaten Garut, Rani Permata yang tak lain adalah istri Wakil Bupati Diky Chandra, mengatakan, R.A Lasminigrat adalah perempuan intelektualis pertama di Indonesia, sebelum R.A.Kartini lahir.

Banyak sekali karya sastra yang dia tulis pada waktu itu, seperti Carita Erman, Warna Sari Jilid 1 dan 2 yang dicetak berulangkali. Lasminingrat juga pendiri sekolah Kautamaan Istri.

"Memang banyak sekali masyarakat Indonesia yang tidak mengenal beliau, karena di dalam sejarah R.A.Lasminigrat tidak pernah tersentuh, bahkan dibicarakan sekalipun," ujarnya.

Padahal, menurut Rani, R.A Lasminigrat adalah cerminan bening masyarakat Garut. Sebab, wanita ini telah mengajarkan kaum perempuan untuk percaya diri dan mandiri dan tidak kehilangan jati dirinya.

Hal yang sama juga disampaikan Leni Edi Kusnandar (Istri Dandim 0611 Garut) salah satu anggota trio 'Threenie'. Menurutnya, Lasminigrat sangat melekat di hati masyarakat Garut. "Dia adalah wanita yang berbudi luhur dan menjadi inspirasi bagi masyarakat Garut. Pementasan ini bertujuan untuk memperjuangkan R.A.Lasminigrat menjadi pahlawan nasional," tegasnya. 

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan