Rabu, 22 Jun 2011

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Bahrain Penjarakan Oposisinya Seumur Hidup

Posted: 22 Jun 2011 06:04 AM PDT

MANAMA - Pengadilan di Bahrain memenjarakan seumur hidup delapan orang warga Syi'ah yang merupakan oposisi pemerintah. Mereka didakwa merencanakan penggulingan kekuasaan keluarga Kerajaan Bahrain.

Setelah hakim memutuskan hukumannya, para terdakwa menyerukan protes dengan berteriak mendesak pemerintah agar mereka dapat meninggalkan ruang sidang.

Aktivis HAM melihat adanya pelanggaran terhadap hukum internasional dalam kasus ini. Demikian seperti diberitakan oleh CNN, Rabu (22/6/2011).

"Pengadilan ini tidak menggunakan standar internasional untuk menegakkan HAM dan adil. Para terdakwa sebenarnya hanya mengutarakan opininya dan menjadi oposisi bagi pemerintah," ujar seorang aktivis HAM Nabeel Rajab.

Para dokter di Bahrain juga dituding sebagai pihak yang mendukung protes antipemerintah di negara tersebut. Para dokter didakwa dengan tuduhan menyembunyikan senjata.

Pengacara, dokter dan aktivis HAM menyatakan bahwa para terdakwa tengah disiksa untuk mengakui kesalahannya dalam demonstrasi tersebut.(rhs)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Menlu Suriah : Iran & Hizbullah Tak Intervensi

Posted: 22 Jun 2011 05:36 AM PDT

BEIRUT - Menteri Luar Negeri Suriah Walid Moallem menyangkal keterlibatan Hizbullah dan Iran yang diduga membantu Rezim Suriah dalam menekan para demonstran.

"Kami menolak segala macam tuduhan yang menyatakan Iran dan Hizbullah mengintervensi Suriah," ujar Moallem, seperti dikutip dari Daily Star, Rabu (22/6/2011).

"Mereka memang mendukung Suriah dalam menghadapi krisis, namun dukungan mereka bukan merupakan dukungan militer," tandasnya.

Tuduhan terhadap Iran yang membantu Suriah dalam membungkam para demonstran memang sudah muncul Mei lalu.

Iran diduga mengirim pasukan Quds ke Suriah untuk meredam aksi demonstrasi. Selain dukungan militer, dukungan teknologi juga diberikan oleh Iran.

Suriah saat ini sedang dilanda masalah yang cukup serius, yakni tekanan dan juga sanksi akibat penekanannya terhadap demonstran.
Presiden Suriah Bashar al Assad dituding bertanggung jawab atas tewasnya 1.400 warga Suriah yang tengah melakukan aksi demonstrasi.(rhs)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan