Rabu, 29 Jun 2011

KOMPAS.com - Nasional

KOMPAS.com - Nasional


Pramono Edhie Harus Buktikan Kemampuan

Posted: 29 Jun 2011 05:24 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com — Direktur Eksekutif Imparsial Poengky Indarti mengatakan, Panglima Komando Strategi TNI Angkatan Darat Letjen TNI Pramono Edhie Wibowo, yang ditunjuk menjabat Kepala Staf Angkatan Darat, harus menunjukkan kemampuan dan keseriusannya sebagai pucuk pimpinan TNI AD kepada publik.

Ukurannya sederhana, Pramono harus menunjukkan bahwa dia memang "concern" pada reformasi TNI AD.

-- Poengky Indarti

"Ukurannya sederhana, Pramono harus menunjukkan bahwa dia memang concern pada reformasi TNI AD, antara lain harus ada prestasi soal penghentian bisnis militer AD, harus membawa prajurit dan perwira AD yang melakukan pelanggaran HAM ke pengadilan HAM," kata Poengky ketika dihubungi Kompas.com, Rabu (29/6/2011).

Kepastian penunjukan Pramono, putra mantan Komandan Resimen Pasukan Khusus Angkatan Darat (kini Kopassus) alm Sarwo Edhie Wibowo, sebagai KSAD menggantikan Jenderal George Toisutta itu disampaikan Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha. Julian mengatakan, Presiden akan secara resmi mengumumkan pengganti George pada Kamis (30/6/2011), besok.

Tak hanya itu, Poengky, yang juga pejuang HAM, meminta Pramono segera membereskan kasus-kasus sengketa lahan antara TNI AD dan rakyat. Pramono, yang tak lain adalah adik ipar Presiden, juga pernah menjabat sebagai Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus pada 2008-2009.

Pramono yang lulusan terbaik Akademi Militer angkatan 1980 itu juga sempat menduduki posisi Panglima Kodam Siliwangi di Jawa Barat pada 2009 sebelum menjabat sebagai Pangkostrad pada 2010. Setelah dilantik Presiden, serah terima jabatan KSAD dilangsungkan di Markas Besar TNI Angkatan Darat, Kamis besok.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Presiden Tunjuk Pramono Edhie Jadi KSAD

Posted: 29 Jun 2011 05:24 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menunjuk adik iparnya, Panglima Komando Strategi TNI Angkatan Darat Letjen TNI Pramono Edhie Wibowo, sebagai Kepala Staf Angkatan Darat, menggantikan Jenderal George Toisutta.

Bapak Presiden menerima usulan Wanjakti Markas Besar Tentara Nasional Indonesia. Nama yang diajukan ke Presiden diyakini sudah memenuhi persyaratan untuk menjabat sebagai KSAD.

-- Julian Aldrin Pasha

Pengumuman resmi akan disampaikan Presiden pada Kamis (29/6/2011) di kompleks Istana Presiden, Jakarta. Demikian disampaikan Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha kepada Kompas.com, Rabu (29/6/2011).

"Bapak Presiden menerima usulan Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) Markas Besar Tentara Nasional Indonesia. Nama yang diajukan ke Presiden diyakini sudah memenuhi persyaratan untuk menjabat sebagai KSAD," kata Julian.

Julian sendiri mengaku tidak mengetahui jumlah nama yang diajukan Wanjakti kepada Presiden. Ia juga membantah bahwa penunjukan adik iparnya sebagai KSAD sarat dengan kepentingan Pemilu 2014.

"Anggapan ini berlebihan dan tidak benar," katanya singkat.

Sebelumnya, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono menyatakan bahwa penunjukan KSAD sudah sesuai dengan Wanjakti.

"Penunjukan KSAD sudah melalui proses di Wanjakti," katanya pekan lalu.

Dalam menunjuk seseorang menjadi KSAD, lanjut Panglima, Wanjakti mempertimbangkan profesionalitas, senioritas, penugasan, dan pengalaman selama bertugas di lingkungan TNI AD. Oleh karena itu, dia mengimbau masyarakat tidak mengaitkan-kaitkan calon KSAD yang memiliki hubungan kekerabatan dengan Presiden.

"Jangan dilihat penunjukan KSAD itu ada hubungan kekerabatan dengan Presiden," kata laksamana bintang empat tersebut.

Menurut dia, pengangkatan KSAD merupakan hak prerogatif Presiden, sedangkan Panglima TNI wajib memberikan saran dan masukan.

"Sudah mengerucut tiga nama calon. Mudah-mudahan dalam minggu-minggu ini sudah ada keputusan dari Wanjakti," ujar Agus, tanpa menyebut nama ketiga calon KSAD itu.

Adapun nama-nama calon yang beredar saat ini adalah Pramono, yang juga adik ipar Presiden Yudhoyono, Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Letjen TNI Budiman, dan Kepala Komando Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Darat Letjen Marciano Norman. George Toisutta akan memasuki masa pensiun mulai 30 Juni 2011.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan