Rabu, 25 Mei 2011

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Helikopter PBB Ditembaki di Sudan

Posted: 25 May 2011 05:22 AM PDT

JUBA - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan kelompok bersenjata melepaskan tembakan kepada empat helikopter milik mereka. Namun dilaporkan tembakan itu meleset seluruhnya.


Insiden ini terjadi di Kota Abyei. Penembakan terjadi saat helikopter tersebut lepas landas dari Kota Abyei pada hari Selasa 24 Mei kemarin. Sekira 14 tembakan dilepaskan dari posisi di dekat kantor PBB di kota tersebut. Demikian diberitakan Reuters, Rabu (25/5/2011).


Sudan saat ini sudah terbagi menjadi dua wilayah terpisah. Sudan selatan dan Sudan Utara saling mengklaim wilayah Abyei, meskipun batas wilayah dari kedua negara tersebut sudah jelas.


Sudan Selatan dan Sudan Utara masih terus terlibat baku tembak hingga akhir pekan kemarin. Tank-tank dari kedua negara masih melanjutkan serangan berbalasan hingga Sabtu 22 Mei lalu.


Sudan Selatan sendiri memisahkan diri dari wilayah Utara sejak 9 Juli lalu. Namun pendudukan yang dilakukan oleh pihak Utara terhadap Abyei, menyebabkan hubungan kedua negara makin memanas. 

Saat masih bersatu, kedua wilayah ini terlibat perang saudara yang berlangsung selama dua dekade dan baru berakhir 2005 silam.

(faj) Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

NATO Kembali Serang Tripoli

Posted: 25 May 2011 04:14 AM PDT

TRIPOLI - North Atlantic Treaty Organization (NATO) kembali melancarkan serangan udaranya ke Ibu Kota Tripoli, Libya hari ini. Enam suara ledakan kembali terdengar dalam jangka waktu 10 menit di Tripoli.


Serangan ini dilancarkan 24 jam setelah serangkaian serangan yang dilakukan di kompleks perumahan milik pemimpin Libya Muammar Khadafi. Serangan itu menewaskan 19 orang dan televisi setempat langsung menuduh pihak asing berada di balik serangan ini. Demikian diberitakan Reuters, Rabu (25/5/2011).


Sementara belum diketahui jumlah korban akibat serangan terbaru di Tripoli ini. Meski suara ledakan lancang terdengar, belum jelas laporan dari kerusakan serangan tersebut. 


Menteri Luar Negeri Prancis Alain Juppe mengatakan bahwa serangan bom dari NATO terus mengalami peningkatan. Dalam beberapa bulan ke depan diperkirakan tujuan utama dari serangan yakni melengserkan kekuasaan Khadafi dapat segera terwujud.


Prancis, Inggris dan Amerika Serikat (AS) bersama-sama memimpin serangan udara yang dimulai sejak 19 Maret lalu. Serangan ini sejalan dengan mandat Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk melindungi warga sipil Libya dari serangan pasukan loyalis Khadafi.


Ketiga negara ini bersikeras untuk terus melakukan serangan hingga Khadafi lengser dari kekuasaannya yang sudah berlangsung selama  41 tahun. Prancis dan Inggris berencana untuk menurunkan helikopter tempur yang mereka miliki guna mendukung operasi militer NATO. 

(faj) Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan