Isnin, 17 Januari 2011

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Lakukan Protes, Seorang Bakar Diri di Parlemen

Posted: 17 Jan 2011 05:20 AM PST

KAIRO - Seorang pria menyulut api di tubuhnya sendiri di luar gedung Parlemen Mesir di Kairo. Belum jelas apa motif dari pria tersebut melakukan aksi nekat ini.


"Pria itu berdiri di luar gedung parlemen, selang berapa kemudian ia menuangkan bensin ke tubuhnya dan menyulut dirinya sendiri dengan api," ungkap seorang saksi yang enggan disebut namanya, seperti dikutip AFP, Senin (17/1/2011).


"Seorang polisi yang kebetulan berada di lokasi kejadian, berhasil memadamkan api dan pria itu langsung dilarikan ke rumah sakit dengan ambulans," lanjutnya.


Hingga kini belum jelas kondisi dari pria yang tidak diketahui identitasnya tersebut. Diduga dirinya mencoba meniru aksi serupa yang dilakukan oleh seorang warga Tunisia.


Sebelumnya Mohammed Bouazizi membakar dirinya sendiri di Tunisia beberapa waktu lalu. Pria berusia 26 tahun tersebut membakar dirinya saat polisi melarangnya menjual buah dan sayur untuk mencari uang.


Kasus Bouazizi yang akhirnya tewas akibat luka yang dideritanya, langsung memicu protes di Tunisia. Protes ini pada akhirnya melengserkan rezin mantan Presiden Zine El-Adinie Bin Ali yang sudah berkuasa selama 23 tahun di Tunisia. 

(faj)
Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

KJRI Australia Pantau WNI yang Terlanda Banjir

Posted: 17 Jan 2011 04:06 AM PST

JAKARTA - Konsulat Jenderal RI (KJRI) Sydney berkoordinasi dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia Australia (PPIA) Queensland, PPIA Brisbane, maupun tokoh masyarakat di Negara Bagian Queensland untuk mengetahui kondisi WNI di wilayah bencana. KJRI juga menawarkan bantuan. 


KJRI Sydney menghubungi langsung WNI di wilayah didasarkan atas data lapor diri dan pembuatan paspor. Berdasarkan pantauan, kondisi sebagian besar WNI di wilayah Toowoomba dalam keadaan baik meskipun beberapa di antara mereka harus pindah ke rumah kerabat atau rekan yang tidak terkena dampak banjir. 


Namun demikian, mereka masih belum mendapatkan fasilitas listrik yang memadai mengingat hampir sebagian besar infrastruktur di Toowoomba belum berfungsi baik. 

Sementara itu, PPIA Brisbane saat ini telah membentuk gugus tugas untuk mengantisipasi banjir besar yang melanda Kota Brisbane. Dalam kaitan ini, telah disiapkan tempat penampungan sementara bagi WNI yang tinggal di wilayah yang diperkirakan akan terkena dampak apabila banjir semakin meluas di Brisbane. Demikian dalam keterangan pers Kemenlu RI kepada okezone, Senin (17/1/2011).


Saat ini terdapat 80 WNI yang telah menggungsi di 16 tempat penampungan di Brisbane. Mereka dalam kondisi baik dan masih bisa mencukupi kebutuhan meski harus mengalami pemadaman listrik berkala.


KJRI Sydney telah mendatangi lokasi WNI di Brisbane untuk melihat langsung kondisi WNI yang terkene musibah banjir. Untuk memberi dukungan dan bantuan yang diperlukan, KJRI juga membuka hotline di +61416208869 (Fahmi) bagi yang ingin menanyakan kondisi anggota keluarga di Brisbane serta bagi WNI di Brisbane yang membutuhkan bantuan KJRI. 

Banjir yang melanda Negara Bbagian Queensland menyebabkan tiga per empat negara bagian tersebut dinyatakan sebagai daerah bencana. Musibah ini merupakan yang terburuk di Australia selama 37 tahun terakhir.


Berdasarkan catatan resmi, 10 orang tewas di Kota Toowoomba yang terletak 125 kilometer barat Brisbane hingga 10 Januari. Lebih dari 24 jam kemudian, 78 orang masih dinyatakan hilang. 

Bencana banjir ini juga telah memutuskan beberapa akses jalan sehingga menyulitkan proses evaluasi korban serta pengiriman bantuan.  Gelombang air yang menghancurkan Toowoomba sedang bergerak melintasi Lembah Lockyer.

Wivenhoe, yang dibangun untuk mengendalikan banjir serupa yang terjadi pada 1974 mulai kewalahan mengatur debit air yang terus meninggi. 


Sejak Selasa 11 Januari, banjir menyebar ke ibu kota Quuensland, Brusbane. Pihak berwenang telah memperingatkan bahwa lebih dari 30 daerah pinggiran berada dalam status risiko banjir dan mengancam 6.500 rumah. 

(faj)
Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan