Jumaat, 21 Januari 2011

KOMPAS.com - Nasional

KOMPAS.com - Nasional


Darmono: Satgas Akan Evaluasi Diri

Posted: 21 Jan 2011 02:35 PM PST

JAKARTA, KOMPAS.com — Satuan Tugas Pemberantasan Mafia Hukum akan mengevaluasi diri pascapernyataan terdakwa kasus mafia pajak Gayus Tambunan yang menuding mereka telah memolitisasi kasusnya. Anggota Satgas, Darmono yang juga Wakil Jaksa Agung, mengatakan, Satgas telah menyusun berbagai langkah strategis dalam pembenahan Satgas ke depan.

"Pertama, melakukan evaluasi langkah-langkah apa yang kami lakukan. Kedua, terkait dengan tindakan dalam rangka melakukan koordinasi, evaluasi, kemudian juga revisi," kata Darmono di Kejaksaan Agung, Jakarta, Jumat (21/1/2011).

Perbaikan kinerja Satgas, lanjut Darmono, juga ditempuh dengan lebih mengefektifkan pemantauan terhadap lembaga-lembaga penegak hukum sebagaimana fungsi Satgas. "Terutama dulu kaitannya dengan koordinasi dengan lembaga penegak hukum. Karena memang tujuan inti kami adalah mendorong lembaga penegak hukum bekerja secara maksimal," ujarnya.

Satgas, kata Darmono, akan tetap menjalankan fungsinya dalam mendorong lembaga penegak hukum agar berfungsi secara maksimal. Terkait pernyataan Gayus yang menuding bahwa Satgas memolitisasi kasusnya dan merekayasa kepergian Gayus ke Singapura, pihak Satgas, kata Darmono, telah membantah hal tersebut disertai bukti.

Darmono melihat, dari pernyataan Gayus tersebut tersirat upaya memojokkan Satgas. "Katakanlah upaya memojokkan Satgas, bisa terjadi," katanya.

Namun, Satgas memilih tidak menyikapi upaya tersebut. "Yang penting kami menyikapi bahwa kami akan melaksanakan sesuai dengan kewenangan yang diberikan Presiden kepada kami. Yang penting, niat kami dalam rangka pemberantasan mafia hukum bisa dilaksanakan," katanya.

"Memang untuk ke arah itu banyak tantangan. Tantangan itulah yang harus kami atasi," katanya.

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Darmono: Aneh Ada Orang Percaya Gayus

Posted: 21 Jan 2011 02:02 PM PST

Testimoni Gayus

Darmono: Aneh Ada Orang Percaya Gayus

Penulis : Yogi Gustaman | Editor : I Made Asdhiana

Jumat, 21 Januari 2011 | 22:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pernyataan Gayus Tambunan beberapa hari lalu membuat panas dingin semua orang, khususnya Satuan Tugas Pemberantasan Mafia Hukum. Banyak orang terperangah dengan pernyataan tersebut sehingga tidak sedikit yang percaya Gayus.

Namun, anggota Satgas, Darmono, bukanlah satu dari sekian orang yang terpukau dengan pernyataan Gayus. Ia justru menilai pernyataan Gayus tidak benar.

"Jadi, kalau ada orang yang lebih percaya Gayus, aneh juga," ujar Darmono yang juga Wakil Jaksa Agung itu kepada wartawan di Kejaksaan Agung, Jumat (21/1/2011).

Menurut Darmono, Satgas secara institusi jelas menganggap omongan Gayus tak ubahnya tong kosong nyaring bunyinya. Seperti diketahui, Satgas langsung bereaksi terhadap Gayus dan sudah melaporkan fakta sebenarnya ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sehari sesudahnya.

Dengan pernyataan Gayus, eksistensi Satgas jelas terancam. Namun, kata Darmono, Satgas sudah menyusun strategi memulihkan kepercayaan masyarakat selama ini, seperti mengoordinasi, mengevaluasi, merevisi, dan termasuk memantau. "Karena tujuan kami adalah mendorong lembaga penegak hukum bekerja maksimal," katanya.

tribunnews.com

Sumber :

Kirim Komentar Anda

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan