Jumaat, 31 Disember 2010

Sindikasi welcomepage.okezone.com

Sindikasi welcomepage.okezone.com


MA Minta Kasasi Dibatasi

Posted: 31 Dec 2010 01:04 AM PST

JAKARTA- Di penghujung akhir tahun 2010, Mahkamah Agung (MA) masih menyisakan 956 tumpukan perkara yang belum diputuskan.

Ketua MA, Harifin A Tumpa, meminta pemerintah dan DPR mengusulkan UU MA yang berisikan pembatasan kasasi.

"Kita serahkan konsepnya kepada pemerintah dan DPR, karena mereka yang punya kewenangan untuk itu," kata Harifin di Gedung Mahkamah Agung, Jumat (31/12/2010).

Menurut Harifin, pembatasan perkara kasasi ini sangat dibutuhkan dengan mengingat banyaknya tunggakan perkara di MA. Hingga bulan Oktober 2010 saja, katanya, jumlah perkara yang belum diselesaikan mencapai 9.370.

Oleh sebab itu, menurut dia, UU Nomor 3 Tahun 2009 tentang MA perlu direvisi lagi. Ketentuan mengenai pembatasan perkara kasasi harus dimasukkan secara lebih tegas. "Harapannya begitu," ujarnya.

Lebih lanjut Harifin menjelaskan, konsep yang digagas MA adalah upaya hukum kasasi sebaiknya tidak untuk perkara dengan nilai sengketa di bawah Rp1 juta. Kemudian terhadap kasus pidana dengan ancaman pidana di bawah satu tahun dan perkara pajak. Khusus perkara pajak, sebaiknya memiliki kekuatan hukum dan tetap dan mengikat hingga tingkat banding saja.

Kendati demikian, Harifin Tumpa mengatakan bahwa soal pembatasan perkara ini memang sudah lazim dilakukan di negara-negara maju.
(lsi)

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Kantor Polisi Dibom, 1 Tewas

Posted: 31 Dec 2010 01:04 AM PST

ISLAMABAD - Sebuah bom meledak tepat diluar kantor polisi di barat laut Pakistan hari ini. Ledakan bom tersebut menyebabkan satu orang warga yang kebetulan lewat tewas.


Menurut keterangan polisi Rafique Khan, ledakan ini terjadi di kota Lakki Marwat sekira 110 kilometer dari Peshawar. Selain menewaskan seorang warga sipil, ledakan tersebut juga menyebabkan dua orang warga lainnya terluka. Demikian dilansir Associated Press, Jumat (31/12/2010).


Khan menambahkan warga yang terluka adalah penduduk setempat, namun identitas korban tewas hingga kini belum dapat diidentifikasi.


Hingga kini belum dapat diketahui pihak yang bertanggung dibalik penyerangan ini. Namun biasanya kelompok militan kerap menargetkan serangan ke arah kantor Pemerintahan Pakistan selama ini.


Tetapi yang paling sering diincar oleh kelompok militan adalah kantor Kepolisian Pakistan yang letaknya berdekatan dengan perbatasan Afghanistan.

(faj)
Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan