Rabu, 26 Jun 2013

KOMPAS.com - Internasional

KOMPAS.com - Internasional


Ford Fiesta Menggoda dengan Warna

Posted: 26 Jun 2013 09:28 AM PDT

Jakarta, KompasOtomotif - Tak seorang pun mengabaikan bila Ford Fiesta berkelir Minty Blue ini lewat. Pasalnya, selain keren, warnanya tergolong khusus dan cukup kinclong. Untuk mendapatkannya Kenji - sang pemilik - harus tekun mencari warna yang disukainya di dunia maya. 

Keputusan diambil setelah siswa SMP yang baru lulus ini melihat Nissan Fairlady Z menggunakan warna tersebut di Amerika Serikat. "Acuannya memang seperti Minty Z. Tetapi diubah lagi agar lebih terang," papar Kenji.

3 Warna
Pengecatan dipercayakan pada Bengkel Platinum di Cipinang Muara, Jakarta. Dijelaskan, warna tersebut didapat dari penggabungan solid custom 3 warna, hijau, biru dan abu-abu. Warna berubah ketika sumber sorotan cahaya berbeda (lampu atau matahari). Bahan cat pakai asal Jerman, De Beer.

Agar terlihat lebih kinclong dan basah, pernis pakai high solid, dilapis sampai 3 kali. "Prosesnya, tidak terlalu lama, cuma sebulan. Karena mobil tergolong baru, belum ada dempul," jelas anggota Klub Latze ini.

Selain cat, sosok Fiesta ini di-upgrade lagi dengan memasang aerokit di bemper depan plus side skirt. Lalu mobil diceperkan dengan menganti sokbreker dan per lebih rendah. Ban untuk roda depan dan belakang, dibuat masuk sampai ke fender. Alhasil, bibir fender nyaris menempel di pinggir pelek 17 inci. Perubahan yang dinilai istimewa oleh Kenji adalah sky roof dari kanvas asal Webasto Holandia.

Sederhana
Kualitas suara juga ditingkatkan dengan menambahkan subwoofer dan penguat suara (power amplifier). Komponen tersebut dipasang di bagasi dengan desain sederhana agar tidak banyak menyita ruang. 

Modifikasi yang menghabiskan dana Rp 90 jutaan ini dirasa masih kurang yahud. "Proyek berikutnya, mesin dipasangi turbo. Lumayan buat modal ikut kontes modifikasi," tutup Kenji.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan