Sabtu, 1 Jun 2013

ANTARA - Berita Terkini

ANTARA - Berita Terkini


Masyarakat Bukittinggi tumpah ruah saksikan pembukaan TdS

Posted: 01 Jun 2013 07:35 PM PDT

Tour de Singkarak (TDS) 2012 di kawasan Kelok 44, Agam, Sumatera Barat.(FOTO ANTARA/Ismar Patrizki)

Kita berharap pelaksanaan even TdS berjalan sukses dari awal sampai akhir"

Berita Terkait

Bukittinggi, Sumbar (ANTARA News) - Masyarakat Kota Bukittinggi, Sumatera Barat antusias menyaksikan acara pembukaan kegiatan Tour de Singkarak (TdS) ke V, sehingga pelataran Jam Gadang, Minggu pagi, yang dijadikan lokasi pembukaan tumpah ruah oleh masyarakat dari berbagai kalangan dan usia.

Pembukaan kegiatan berskala internasional yang dibuka Wamen Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar didampingi Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, Ketua Panitia Pelaksana Wagub Muslim Kasim, serta para pejabat negara dan kepala daerah se Sumbar, cukup mendapatkan sambutan meriah kota wisata itu.

Wati (35), salah seorang warga mengaku mau sampai malam menyaksikan pembukaan TdS, karena hanya sekali setahun digelar, sehingga anak ingin melihatnya.

Ia mengatakan belum tentu tahun depan acara pembukaan ditempatkan di Bukittinggi sehingga takut tak dapat menyaksikannya lagi.

Sebelum pembukaan, masyarakat Bukittinggi memeriahkan kegiatan TdS dengan Fun Bike yang diikutii 1.800 peserta untuk rute 25 km.

Malam pembukaan TdS juga dimeriahkan band nasional dan artis ibukota serta diwarnai pesta kembang api di penghujung acara.

Wamen Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta menyampaikan, Sumbar sudah menjadi incaran bagi pebalap sepeda kelas internasional.

Hal itu, tentu tak terlepas dari ketertarikan peserta TdS dengan alam yang dimiliki Sumbar, dan semakin baiknya pelaksanaan setiap tahunnya.

"Sumbar selain punya potensi alam, juga masuk peringkat lima untuk event balap sepeda kelas internasional," ukatnya.

Wamen pada kesempatan itu sangat mengapresiasi antusias masyarakat dan panitia penyelenggara untuk acara pembukaan yang cukup meriah dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Ia juga menyampaikan apresiasi atas dukungan yang diberikan pihak swasta, di antaranya BNI 46 Padang, Daihatsu, PT. Semen Padang dan Garuda Indonesia yang selalu setia.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dalam sambutan singkat menyampaikan pelaksanaan TdS memberi dampak baik segi ekonomi maupun olahraga terhadap masyarakat di daerah.

Oleh karena itu, perlu masyarakat membudayakan olahraga, termasuk fun bike.

"Kita berharap pelaksanaan even TdS berjalan sukses dari awal sampai akhir," ujarnya.

Jadwal etape 1 TdS dimulai dari Bukittinggi ke Bonjol Pasaman Barat pada pukul 11.00 WIB yang akan dilepas langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Marie Elka Pangestu.

Editor: Unggul Tri Ratomo

COPYRIGHT © 2013

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

"Indonesia harus berkontribusi untuk kepentingan dunia"

Posted: 01 Jun 2013 07:28 PM PDT

Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan UUD 1945 mengamanatkan bahwa selain harus memperjuangkan kepentingan nasional, Indonesia juga harus berkontribusi untuk kepentingan dan kebaikan dunia.

Hal itu disampaikan Presiden Yudhoyono di dalam pesawat kepresidenan saat mendarat di tanah air setelah melakukan kunjungan kerja ke Swedia dan Amerika Serikat, Minggu.

"Sebagaimana kita ketahui, sesuai dengan amanah konstitusi UUD 45 disamping kita memperjuangkan kepentingan nasional kita dan itu diatas segalanya, kita juga harus berkontribusi untuk kepentingan dan kebaikan bersama dunia," katanya.

Menurut Presiden, dalam beberapa waktu terakhir terbukti jika Indonesia tidak hanya di pinggir mengikuti apa saja yang dirumuskan di Perserikatan Bangsa Bangsa tapi sejarah telah mencatat jika Indonesia menjadi bagian dari perumusan kerjasama sedunia untuk masa depan.

Presiden merujuk pada peran Indonesia dalam merumuskan agenda pembangunan pasca2015 dimana Presiden Yudhoyono menjadi ketua bersama dengan Perdana Menteri Inggris David Cameron dan Presiden Liberia Ellen Johnson Sirleaf.

"Dari sisi multilateral ... kita berkontribusi berperan aktif untuk membangun kerjasama global di masa depan yang lebih adil dan lebih efektif," ujarnya.

Pada kesempatan itu Presiden juga meminta agar seluruh pihak membiasakan untuk mengemban tugas secara bersama demi sang merah putih untuk kepentingan bersama.

Terkait dengan kunjungan kenegaraannya ke Swedia, Presiden Yudhoyono mengatakan bahwa banyak yang telah dicapai dalam hal meningkatkan lagi kerjasama ekonomi di saat dunia sedang resesi saat ini.

Presiden menggarisbawahi perlunya menjaga pertumbuhan yang saat ini tergolong tinggi.

Presiden Yudhoyono dengan didampingi Ibu Ani Yudhoyono, Minggu pagi pukul 07.45 wib tiba di Tanah AIr dari kunjungan kerja ke Swedia dan Amerika Serikat.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan