Isnin, 13 Mei 2013

Republika Online

Republika Online


Muka Air Tanah Cimahi Selatan Masuk Zona Merah

Posted: 13 May 2013 11:28 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, CIMAHI -- Permukaan air tanah Cimahi bagian selatan masuk zona merah atau kritis. Air tanah terus menurun tiga sampai empat sentimeter per tahun.

Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kota Cimahi Untung Undiyanto mengatakan Kelurahan Leuwigajah paling parah sebab menjadi kawasan industri sejak 1980.

Untung mengatakan saat ini setidaknya terdapat 130 titik pengambilan air tanah dari industri. Menurut dia, di lapangan jumlah tersebut kemungkinan bisa lebih. "Bersama dispenda akan melakukan pendataan sumur lagi," ujarnya di Cimahi, Selasa (14/5).

Untuk meminimalisir, ia menilai minimal tidak ada penambahan sumur baru dengan memanfaatkan yang ada dan kalau bisa mengurangi. Namun, daya tarik Cimahi berada di industri tekstil yang membutuhkan air banyak. Karena itu, sebagai upaya pengendalian, pihaknya menerapkan syarat ketat jika terdapat Izin baru.

Selain itu, pihaknya juga melakukan cek lapangan juga dilakukan untuk mengetahui penggunaannya. Namun, ia mengaku untuk cek lapangan terkendala alasan klasik yaitu minimnya sumberdaya manusia. Sehingga kontrol dilakukan berdasarkan hasil laporan perusahaan.

Pihaknya akan melakukan verifikasi jika terdapat keganjilan. Cek lapangan tersebut dilakukan bersama Dinas Pendapatan Daerah (dispenda) sebab terkait pajak juga.

Bagi industri, berkewajiban membuat sumur resapan maupun biopori saat mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan di dokumen lingkungan. Adanya sumur resapan diharapkan bisa merembeskan air sementara air tanah terus diambil.

Terkait kebijakan, pihaknya mengaku hanya bertugas mendampingi provinsi karena menyangkut cekungan Bandung. Dia mengatakan daerah Cimahi berada di cekungan Bandung Soreang dengan luas 1.716 kilometer persegi.

Cekungan Bandung meliputi Kota Bandung, Cimahi, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung, dan Sumedang. Sehingga, penanganan harus lintas wilayah

Kepala Bidang Tata Kelola Lingkungan Badan Pengelola Lingkungan Hidup (BPLHD) Jawa Barat Prima Maningtias mengatakan air bawah tanah di daerah Cimindi, Leuwigajah turun tiga sampai empat meter per tahun.

Menurut dia, untuk mengembalikan penurunan satu sentimeter air membutuhkan waktu satu tahun lebih. Di antaranya melalui pembuatan sumur resapan maupun pengendalian eksploitasi air tanah.

Sementara, penduduk di cekungan Bandung melebihi standar, air permukaan tercemar, dan air bawah tanah sudah kritis. Koefisien hujan di Kawasan Bandung Utara juga berubah dari 0,3 menjadi 0,7 sehingga hujan sedikit langsung banjir.

WCC Akan Gelar 'White Show de Batavia'

Posted: 13 May 2013 11:27 PM PDT

White Car Community (WCC) akan menggelar event komunitas pencinta dan pengguna mobil putih pada Minggu, 26 Mei mendatang. Kali ini, WCC Regional Jakarta (WCC Batavia) yang bertindak selaku PIC-nya. Acara ini akan dipusatkan di MGK Kemayoran dengan mengambil tema "White Show de Batavia".

Sebelumnya, WCC Regional/ Chapter Tangerang Raya (TangRay) menggelar event "Total White Day" pada tanggal 20 Januari 2013 di SuperMall Karawaci. Kemudian, giliran White SekSi yang mengadakan event "White SekSi Day" pada tanggal 17 Maret 2013 di Blu Plaza Bekasi.

Acara White Show de Batavia ini dibuka untuk umum. Bagi pengguna kendaraan putih (tidak terbatas merek, model, tipe maupun tahun pembuatannya) dapat ikut Event WhiteShow sekaligus memeriahkan Pencatatan MURI serentak di 5 Pulau.


Rangkaian acara White Show de Batavia sbb:

- Pencatatan MURI serentak di 5 Pulau (Jawa, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi dan Papua)

- Auto Show

- Auto Contest

- Tumpekblek ala White

- White Kiddy Land

- Uji Emisi Gratis

- Gimmick dan Doorprize dari Sponsor

- dan masih banyak lagi


Untuk info lebih lanjut, hubungi:

- Yuli 0856 19 888 36 (PIN 321BA872)

- Obet 08777 1000 168 (PIN 234D6113)

- Andre "Jabrik" 0878 7798 9319 (PIN 2A447B8B)

Pencatatan MURI

Bagi peserta MURI, akan disediakan Goody Bag khusus dari Sponsor Utama, serta Piagam keikutsertaan dalam Pencatatan MURI.

Pulau Jawa: 

- Jakarta, MGK, Kemayoran

- Surabaya, Parkiran Roof Top, Grand City Mall

- Semarang

- Malang, Jalan Besar Ijen

- Blitar, Jalan Merdeka

Pulau Sulawesi:

- Makassar, Mall GTC

Pulau Kalimantan:

- Samarinda

Pulau Sumatera:

- Palembang, Lap Parkir Jakabaring

Pulau Papua:

- Jayapura, PTC

Info selengkapnya, silakan follow akun Twitter @WhiteCarBatavia dan klik link yang tercantum dalam favorit di Twitter White deBatavia atau email ke: whiteshow.debatavia@whitecarcommunity.org dengan Subject MURI format: No. WCC/ Nama/ Alamat/ Kota/ Chapter/ Lokasi MURI/No Pol/ Merek dan Jenis Kendaraan/ No. HP/ PIN/ Email

Bisa juga menghubungi:

Jakarta - Om Hamengku HP 0877 8015 9055

Surabaya - Om Fandryan PIN 272C0602

Semarang - Tante Nuy 08788 2899 386 PIN 2A4ACD0E

Malang dan Blitar - Om Verry 21B7C875

Makassar - Om Faiz PIN 2763DC3E

Kalimantan - Om Rama PIN 31742723

Palembang - Om Ali PIN 214F1A60

Papua - Om Bonchu PIN 29A43206 dan Om Pier PIN 29723648

Auto Show

Auto Show menampilkan kendaraan-kendaraan terbaru dari ATPM dan Importir, dan juga disediakan booth bagi outlet-outlet accessories dan pernak-pernik otomotif.

Auto Contest

Kategori:

- White Auto Engine Modification

- White Auto Body Modification

- White Classic Car

Biaya Pendaftaran: Rp.100.000,- per kategori. Untuk pendaftaran, hubungi Om Anto PIN 29748902 HP 0816 86 4455, atau email ke: whiteshow.debatavia@whitecarcommunity.org dengan subject AUTO CONTEST.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan