Jumaat, 5 April 2013

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


6 Fakta Unik Ratu Elizabeth II

Posted: 05 Apr 2013 03:02 PM PDT

LONDON - Terdapat enam fakta menarik mengenai Ratu Elizabeth II yang sudah memimpin Inggris selama 60 tahun. Fakta-fakta menarik itu antara lain adalah.

1. Ratu Elizabeth tidak punya paspor

Meski sudah sering mengadakan kunjungan ke 116 negara di dunia ini, perempuan berusia 86 tahun itu tidak pernah memegang paspor. Selain itu, Ratu Elizabeth juga tidak memiliki kartu izin mengemudi, meski dirinya sempat menyetir mobil Range Rover. Demikian, seperti dilansir dari History.com, Sabtu (6/4/2013).

2. Tanggal lahir Ratu Elizabeth ada dua

Kepala negara Inggris saat ini adalah perempuan bernama Elizabeth Alexandra Mary of York yang lahir pada 21 April 1926. Meski demikian, setiap negara persemakmuran Inggris memiliki tradisi sendiri untuk merayakan ulang tahun Ratu Elizabeth. Mereka justru merayakannya pada Mei atau Juni.

3. Saat Perang Dunia II, Ratu Elizabeth Mengemudi Truk Militer

Di era Perang Dunia II, Elizabeth yang masih berusia 18 tahun bergabung dengan Pasukan Perempuan Inggris. Ratu Elizabeth dilatih di London sebagai seorang mekanik dan pengemudi truk militer. Ratu Elizabeth juga dinobatkan sebagai satu-satunya anggota keluarga Kerajaan Inggris perempuan yang pernah ergabung di dinas militer, sekaligus menjadi satu-satunya kepala negara Inggris yang pernah berperang di Perang Dunia II.

4. Elizabeth tak pernah gunakan nama suaminya

Ayah Ratu Elizabeth, George VI, lahir di Sachsen-Coburg-Gotha (Jerman) namun pada era Perang Dunia I, George terpaksa mengganti namanya dengan "Windsor" karena khawatir dengan sentimen anti-Jerman. Suami Elizabeth, Pangeran Philip, juga menghilangkan nama ayahnya yang sangat mengandung unsur Jerman, Schleswig-Holstein-Sonderburg-Glücksburg, dengan nama Mountbatten.

Tepat setelah Elizabeth naik takhta, ibunya dan Perdana Menteri Winston Churchill melakukan apa saja untuk mencegah Elizabeth menggunakan nama Mountbatten. Mereka pun berhasil namun beberapa tahun kemudian, Elizabeth menyatakan bahwa keturunannya akan mewariskan nama Mountbatten-Windsor untuk menghormati Pangeran Philip.

5. Ratu Elizabeth pernah ditembak oleh seorang remaja

Saat merayakan ulang tahunnya pada pada 13 Juni 1981 silam, tembakan muncul tepat pada saat Elizabeth berkuda dalam sebuah parade di dekat Istana Buckingham. Seorang remaja berusia 17 tahun, Marcus Sarjeant, yang mengidolakan seorang pria pembunuh John F. Kennedy dan John Lennon, melepaskan tembakan dalam jarak dekat ke ratu. Polisi langsung menindak remaja itu dan menjebloskannya ke penjara. Elizabeth pun melanjutkan prosesi di parade kenegaraan itu.

6. Ratu Elizabeth kirim email pada 1976

Para 26 Maret 1976, Ratu Elizabeth mengirim email pertamanya di fasilitas riset Malvern. Pesan itu dikirim oleh ARPANET, cikal bakal dari internet. Pengiriman email itu merupakan bagian dari uji coba pengembangan teknologi komunikasi di Inggris.

Berita Selengkapnya Klik di Sini

(AUL)

Veteran Perang Dunia II Cari Cintanya yang Hilang

Posted: 05 Apr 2013 01:29 PM PDT

MOSKOW – Seorang veteran tentara Rusia kini pergi menjelajah Prancis untuk menemukan cintanya yang hilang. Nikolai Vasenin bertemu kekasihnya itu saat ikut bertempur dalam Perang Dunia II.
 
"Namanya Jeanne, dia berambut merah. Saya harus dapat menemukan dia," ujar Pria berusia 93 tahun itu, seperti dikutip The Independent, Sabtu (6/4/2013).
 
Jeanne adalah putri dari pemimpin pasukan perlawan Prancis. Lamaran Vasenin ditolak ayahnya karena dia menganggap pria Rusia itu ada dalam kondisi miskin.
 
Kedua pasangan itu pun berpisah ketika perang usai dan Vasenin pulang kembali ke Rusia. Di negara asalnya, Vasenin akhirnya menikahi seorang perempuan yang ditemuinya saat bekerja di sebuah kamp konsentrasi.
 
Vasenin kini hidup sendiri karena istrinya telah meninggal sejak lima tahun lalu. Vasenin memutuskan untuk pergi ke Prancis untuk mencari Jeanne karena merasa hidupnya tidak akan lama lagi.
 
"Satu-satunya bahasa Prancis yang masih saya ingat itu Je t'aime (aku cinta kamu)," imbuh sang veteran.

Berita Selengkapnya Klik di Sini

(ade)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan