Sabtu, 16 Mac 2013

Sindikasi welcomepage.okezone.com

Sindikasi welcomepage.okezone.com


MA Usul Persidangan Perkara Direkam Kamera

Posted: 16 Mar 2013 12:54 AM PDT

BOGOR - Ketua Mahkamah Agung (MA), Hatta Ali, meminta kepada semua lembaga peradilan untuk merekam secara audio visual ketika sedang menggelar sidang.  
"Saya ingin untuk Pengadilan Negeri agar juga menyediakan audio visual dalam persidangan," katanya saat menjadi pembicara dalam acara workshop 'Sistem Peradilan, Istilah Hukum, Justice Collaborator dan Keterbukaan Informasi Peradilan" di Bogor, Jawa Barat, Sabtu (16/3/2013).
 
Kata Hatta, hal itu perlu dilakukan karena kerap kali rekaman yang hanya bersifat audio tidak begitu terdengar jelas ketika akan diputar ulang.
 
Selain itu, hal ini penting guna memenuhi rasa keadilan bagi para pencari keadilan yang saat ini memang belum terpenuhi secara optimal.
 
"Tapi saya yakin kedepan akan lebih baik (lembaga peradilannya)," tukasnya.

Berita Selengkapnya Klik di Sini


(put)

Inilah 5 Ciri Teroris Modern versi Mabes Polri

Posted: 16 Mar 2013 12:43 AM PDT

JAKARTA - Akar masalah terorisme tidak terurai dengan baik. Kadiv Humas Polri Irjen Pol Suhardi Alius menyebut, ada rentetan masalah yang harus ditanggulangi secara bersama-sama terutama dengan stakeholder terkait.

Masalah pertama adalah pola terorisme yang saat ini parsial. Dia menjelaskan, terorisme sekarang ini sudah tidak atas perintah Amir atau pimpinannya.

"Kelompok-kelompok ini sekarang berkelompok secara parsial. Mereka berbicara, memutuskan dan eksekusi. Sudah tidak ada lagi menunggu perintah amir atau pimpinannya. Ini yang perlu diwaspadai," kata Suhardi, Jakarta, Sabtu (16/3/2013).

Kedua, lanjutnya, pelaku terorisme dalam perakitan senjata dan bom, saat ini tidak belajar lagi dengan cara fisik atau belajar dari guru. Sekarang, kata Suhardi, mereka belajar dengan cara otodidak lewat internet. Karena itu, dia meminta stakeholder terkait bisa ikut memberantas masalah ini.

"Menkominfo bisa melakukan verifikasi, pengecekan dan seleksi dengan untuk situs seperti ini," jelas Suhardi.

Ketiga, bahan bom juga sangat mudah didapat. Suhardi mengatakan, bahan bom ini bisa diperoleh dari bahan dapur atau pun pupuk. "Ini juga menjadi concern kita, bagaimana kita mengatasi ini," ujarnya.

Suhardi melanjutkan, keempat adalah soal buku-buku yang informasinya berisi provokasi. Buku ini juga kadang menciptakan dendam terhadap pembacanya. Karena itu, perlu ada pencerahan terhadap buku tersebut serta seleksi untuk buku yang diterbitkan. "Seperti buku-buku yang isinya provokasi serta yang terkesan menjustifikasi," katanya.

Terakhir, pola bantuan pendanaan terhadap pelaku teror. Masih ada yang memberikan bantuan dana alih-alih keagamaan atau apapun. "Terakhir ini, masalah bantuan pendanaan, baik tunai dan perbankan," jelasnya.

Berita Selengkapnya Klik di Sini


(put)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan