Isnin, 25 Februari 2013

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Fotografer Prancis Meninggal Terkena Bom di Suriah

Posted: 25 Feb 2013 07:11 AM PST

Fajar Nugraha

DAMASKUS - Fotografer asal Prancis dikabarkan meninggal setelah dirawat akibat ledakan bom yang mengenainya. Insiden ini terjadi ketika dirinya bertugas di Suriah dan pecahan bom yang meledak itu mengenai tubuhnya.
 
Fotografer bernama Olivier Voisin itu sempat dirawat di sebuah rumah sakit di Turki selama tiga. Namun, luka-luka yang diderita sangat parah dan membuatnya tidak mampu bertahan. Demikian diberitakan AFP, Senin (25/2/2013).
 
Pria berusia 38 tahun itu menderita luka serius pada bagian kepala dan lengannya. Dirinya menderita luka, ketika melakukan tugas peliputan operasi kelompok oposisi Suriah di kota Idlib.
 
Setelah dibawa ke sebuah rumah sakit di kota perbatasan Antakya, Turki, Voisin dikabarkan meninggal setelah tidak pernah siuman dari koma. Dirinya pernah bekerja untuk beberapa media asing dan meliput konflik di Libya, Somalia, Haiti dan Kenya.
 
Konflik di Suriah sudah berlangsung hampir dua tahun. Pihak oposisi Suriah bersikeras untuk melengserkan kekuasaan dari Presiden Bashar Al-Assad. Kekuatan oposisi Suriah, dikabarkan mulai menekan ke dalam wilayah Ibu Kota Damaskus, yang menjadi pos pertahanan terakhir dari Assad.
 
Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan, hingga kini korban jiwa akibat perang saudara mencapai 70 ribu. Namun pertempuran antara pasukan pemerintah dan oposisi makin gencar berlangsung. Upaya perdamaian antara kedua belah pihak pun masih terus mengalami kebuntuan.
(faj)

"HAM bisa Meningkatkan Kesejahteraan"

Posted: 25 Feb 2013 06:34 AM PST

JAKARTA - Deputi Asisten Menlu AS Michael Fusch memaparkan pentingnya upaya penegakan HAM di sebuah negara. Menurutnya, hal itu akan meningkatkan kemakmuran dan juga kesuksesan dalam pembangunan.

"HAM adalah hal yang abstrak, ham sulit dipahami tapi ham merupakan dasar dr semuanya. Dan itulah yg menybabkan HAM menjadi basis dari kebijakan AS," ujar Fusch di dalam diskusi The ASEAN Human Right Declaration, di @america Pasific Place Mall, Jakarta, Senin (25/2/2013).

Menurut Fusch, Melindungi HAM justru bisa mendukung perkembangan ekonomi. Hal itu disebabkan karena Banyak masyarakat yang diperbolehkan memberikan pendapatnya terkait masalah bisnis dan lainnya.

Fusch juga memberikan apresiasi pada Myanmar yang saat ini tengah melakukan reformasi. Perubahan yang kini terjadi di Myanmar disebut cukup potensial.

"Mari kita tingkatkan kemakmuran. HAM merupakan hal yang sangat fundamental dalam apapun. HAM sangat penting bg kalian, terlepas dari kalian adalah pelajar, pengusaha, atau profesi lainnya,"imbuhnya.(faj)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan