Sabtu, 9 Februari 2013

Republika Online

Republika Online


Ini Cara untuk Mengetahui Kesehatan Lansia

Posted: 09 Feb 2013 07:57 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, Penyakit dan sakit adalah salah satu pakaian manusia. Apalagi bila seseorang sudah lanjut usia. Kadang lansia yang sakit mengaku tidak sakit,k arena tidak ingin merepotkan keluarganya. Sebaliknya, lansia yang tidak sakit mengatakan sakit karena membutuhkan perhatian.

Untuk mengetahui kondisi lansia, Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultan Penyakit Lanjut Usia dr Probosuseno, SpPD-KGer, FINASIM, memberikan resepnya pada saat memberikan ceramah HUT ke-6 Paguyuban Lansia Adi Yuswo Wredha Arum, Padukuhan Kramat, Desa Sidoarum, Kecamatan Godean, di Masjid Ar Rahmah, Ahad (10/2).
 
Menurut dia, ada delapan pertanyaan untuk mengetahui apakah lansia itu sehat atau tidak yakni:
1. Mata. Dilakukan dengan memberikan pertanyaan: Apakah anda bisa nonton televisi, membaca koran? Jika ya berarti sehat.

2. Pendengaran. Dilakukan dengan tes berbisik, membisikkan kata kepada lansia dengan jarak satu meter lalu lansia tersebut disuruh mengatakan dengan keras apa yang dibisikkan. Kalau yang diucapkan lansia sama dengan yang dibisikkan berarti sehat.

3. Mobilitas (kemampuan gerak) kaki. Meminta lansia untuk duduk lalu berdiri dari kursi , jalan cepat 10 langkah (sekitar tiga meter) dan dihitung waktunya. Jika hal itu dilakukan kurang ata sama dengan 10 detik berati mobilitas normal.

4. Inkontinensia urin (mengompol). Tanyakan setahun terakhir apakah pernah mengompol? Jika  jawabnya "ya" tanyakan lagi pernahkan mengompol dalam enam hari terakhir? jika ya berarti positif inkontinensia.

5. Nutrisi. Jika terjadi penurunan berat badan 10 persen dalam tiga bulan dan tanpa ada niat untuk menurunkan berat badan, maka berarti ada masalah.

6. Memori. Lansia diminta untuk menyebutkan tiga benda, lalu ulangi menyebutkan ketiga benda tersebut setelah satu menit dan kemudian tiga menit. Bila lancar berarti tudaj ada gangguan memori.

7. Depresi. Tanyakan pada lansia apakah sering merasa sedih atau tertekan? Jika jawabannya "ya" berarti dia positif. ''Apabila lansia mengatakan bahwa dirinya sering merasa sedih, berarti itu tanda-tanda untuk minta tolong,'' kata dr Probo.

8. Keterbatasan fisik. Ada enam pertanyaan untuk mengetahui bahwa lansia sudah terbatas fisiknya atau belum yaitu: Apakah dapat melakukan kegiatan berat seperti jalan cepat atau bersepeda?; Apakah dapat melakukan pekerjaan berat di rumah seperti membersihkan jendela, pintu?; Apakah bisa pergi belanja ke kios atau toko?; Apakah dapat pergi ke suatu tempat yang agak jauh dengan berjalan?; Apakah dapat mandi dengan spon, gayung, bak mandi, shower?; Apakah dapat berpakaian seperti memakai kaos, mengancingkan baju, memakai sepatu?

''Bila jawabannya tidak untuk satu atau lebih dari enam pertanyaan tersebut berarti positif mengalami keterbatasan fisik. Sebalilknya apabila dia masih bisa mengangat beban yang beratnya lima kilogram dan jalannya masih kuat berarti jantungnya masih bagus,''kata Dosen Fakultas Kedokteran UGM ini. 

Menurut dr Probo yang juga pengurus Komda (Komisi Daerah) Lanjut Usia DIY, tes pemeriksaan untuk mengetahui kesehatan  tersebut karya Moore AA yang berasal dari Amerika. Tes tersebut bisa dilakukan oleh orang awam dan menjadi pedoman dunia.

Ini Dia Kiat Sukses pada Lansia

Posted: 09 Feb 2013 06:21 PM PST

Minggu, 10 Februari 2013, 09:21 WIB

CORBIS

Seorang wanita lanjut usia tengah membaca (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Usia lanjut dianggap banyak kalangan sebagai penurunan produktivitas seseorang di masyarakat. Namun, sebenarnya, lanjut usia masih bisa berarti dan bermanfaat bagi sekitarnya dan sukses dalam hidupnya.

Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultan Geriatri RSUP Dr Sardjito, dr Probosuseno, SpPD-KGer memberikan kunci sukses yakni ditentukan oleh enam hal, yakni:

1. Seduluran atau persaudaraan. Persaudaraan atau silaturahim itu penting sekali. Kalau ingin lapang rezekinya harus melakukan hubungan kasih sayang.

2. Urunan atau saling bantu membantu dan kompak.  Karena hanya ditanggung sendiri akan berat. Seperti halnya bila di wilayahnya banyak keluarga yang tidak mampu, maka bisa diatasi dengan urunan, baik dalam bentuk uang maupun barang.

3. Kreatif. Mempunyai ide untuk membuat sesuatu yang baru yang bisa bermanfaat.

4. Santun. Bila bergaul dengan siapapun harus santun. Hal ini akan membuat orang di sekitarnya merasa senang.

5. Energik atau semangat. Meskipun sudah lanjut usia, tetapi masih mempunyai semangat  untuk berolahraga, bekerja. Bahkan meskipun tidak mempunyai uang tetap bersemangat.

6. Sehat badan dan jiwa.

Reporter : Neni Ridarineni
Redaktur : Dewi Mardiani

Rasulullah SAW melarang membunuh hewan dengan mengurungnya dan membiarkannya mati karena lapar dan haus.((HR. Muslim))

  Isi Komentar Anda

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan