Jumaat, 18 Januari 2013

Sindikasi welcomepage.okezone.com

Sindikasi welcomepage.okezone.com


Momentum Memindahkan Ibu Kota Sudah Tiba

Posted: 18 Jan 2013 01:19 AM PST

JAKARTA - Semrawutnya pembangunan, kemacetan, serta parahnya kawasan yang terkena banjir di Jakarta semakin memperkuat wacana perluanya pemindahan ibu kota ke tempat lain yang lebih kondusif.
 
"Saat ini menjadi momentum, Jakarta sudah semakin parah banjirnya dan kemacetan di mana-mana, tampaknya perlu dipikirkan. Harus ada studi yang mendalam dan komperhensif untuk menempatkan daerah-daerah baru yang bebas dari bencana," jelas Wakil Ketua Komisi II, Abdul Hakam Naja saat dihubungi, Jumat (18/1/2013).
 
Hakam menambahkan, pihaknya sudah lama membahasan soal pemindahan ibu kota. Bahkan, sejak 2012 sudah diusulkan, tapi padatnya pekerjaan Komisi II membuat wacana tersebut ditunda.
 
"Saya kira perlu dipikirkan dari sekarang kajian awal soal pemisahan pusat bisnis dengan pusat pemerintah. Ini jelas membutuhkan keputusan politik yang kuat didukung pemangku kepentingan," terangnya.
 
Hakam menyatakan, pemindahan ibu kota tidak akan berdampak besar bagi Jakarta yang sudah menjadi sentra bisnis. "Tak ada pengaruhnya terhadap karakter Jakarta. Tapi memang perlu kajian awal, guna melihat lokasi yang bebas bencana, strategis dan letak geografis," sambungnya.
 
Menurut Hakam, perlu ada rencana jangka panjang. Paling cepat untuk merealisasikan pemindahan tersebut dibutuhkan waktu 10-20 tahun.

(ful)

Hidayat: Kalau Jadi Gubernur, Korban Banjir Saya Masakin Rendang

Posted: 18 Jan 2013 01:18 AM PST

JAKARTA - Anggota Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hidayat Nur Wahid (HNW) menyambangi korban banjir di Jalan Administrasi Negara, Pejompongan, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Hidayat datang didampingi istrinya, Diana Nur Wahid dan Ketua Komisi B DPRD DKI, Slamet Nurdin.

Di tengah korban banjir, mantan calon gubernur DKI itu menyempatkan diri membuatkan makanan untuk korban banjir yang ada di posko PKS. Dia memmilih menu telur mata sapi untuk mengisi perut korban banjir. 

"Gimana Bu, sudah dapat bantuan dari Pemda?," tanya Hidayat kepada salah satu korban banjir di lokasi, Jumat (18/1/2013).

Perempuan yang berbincang dengan HNW lalu mengatakan jika bantuan sudah datang tapi belum mencukupi. "Coba bapak jadi gubernur, kan bisa masak telur buat kita setiap hari," canda seorang warga lainnya.

"Wah kalau saya jadi gubernur, saya masakin rendang bukan telur lagi," balas HNW dengan tersenyum.

Dalam kunjungannya, mantan ketua MPR itu juga membawa berbagai kebutuhan korban banjir seperti popok, air mineral dan mie instan. Dia juga coba melihat langsung kondisi banjir setinggi dada orang dewasa dengan masuk ke dalam gang-gang.

Hidayat masuk dalam bursa calon gubernur DKI Jakarta pada Pemilukada DKI 2012 berpasangan dengan Didik Rachbini. Namun, pasangan yang didukung PKS dan PAN kalah bersaing pada putaran pertama.

(trk)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan