Jumaat, 18 Januari 2013

Republika Online

Republika Online


Respons Tuntutan Warga, Aher Bentuk Tim Perbaikan Tanggul Jati Asih

Posted: 18 Jan 2013 11:14 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, JATI ASIH -- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan berjanji akan menyelesaikan perbaikan tanggul secepatnya. Aher, sapaan akrabnya, menyatakan segera membentuk tim untuk  perbaikan Tanggul Jati Asih. 

Dia sudah mengategorikan kejadian banjir ini sebagai tanggap darurat bencana. Sehingga, sudah ada jaminan anggaran dari Pemerintah Provinsi berupa dana tak terduga sebesar Rp 75 miliar.

''Perbaikan tanggul akan segera dilakukan. Kami berkewajiban untuk memperbaiki. Nantinya perbaikan tanggul tidak akan dilakukan tambal-sulam. Tapi juga ada perbaikan secara permanen dan lebih memenuhi standar,'' ujar Aher saat meninjau tanggul yang jebol di Pondok Gede Permai, Sabtu (17/1).

Walikota Bekasi Rahmat Effendi menyatakan, pihaknya juga sudah menginstruksikan Dinas Bina Marga dan Tata Air (Disbinmarta) Kota Bekasi untuk segera melakukan pengerjaan penanggulangan jebolnya tanggul. 

Selain itu, dia mengadakan pertemuan dengan Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) dan perwakilan dari pihak Pemerintah Provinsi Jawa Barat. ''Kami sudah mulai dengan membuat turab dan beronjong-beronjong yang berisi batu untuk menahan air,'' katanya.

Kebakaran di Pondok Jaya Mampang Lalap Satu Rumah

Posted: 18 Jan 2013 11:12 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ibu Kota sejak beberapa pekan lalu sudah memasuki musim penghujan. Dimana-mana terdapat genangan. Akan tetapi, ternyata tidak menyurutkan si jago merah tetap beraksi.

Kali ini si jago merah melanda pemukiman warga di bilangan Jakarta Selatan (Jaksel), pada Sabtu (19/1) siang. Akibat kobaran api, satu rumah dinyatakan menjadi sasarannya.

"Iya, ada kebakaran tadi siang. Sekitar pukul 10.45 WIB," kata Kepala Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Selatan, Frans Silalahi kepada Republika di Jakarta, Sabtu (19/1) siang.

Frans mengatakan, lokasi tepat kebakaran ini ialah di pemukiman Pondok Jaya, Pela Mampang, Kecamatan Mampang, Jaksel. Ia menjelaskan, penyebab sementara api berkobar di Jalan Pondok Jaya II nomor 11 RT 02 tersebut ialah, karena arus pendek arus listrik (korsleting). Kebakaran yang melanda ini pun, melumatkan bangunan rumah sebesar 60 persen.

Frans mengungkapkan, saat mengetahui adanya peristiwa, petugas langsung mendatangi lokasi. "Terdapat 14 unit mobil pemadam kebakaran yang diturunkan," ucapnya.

Ia menjelaskan, dari kejadian, tidak terdapat korban, baik korban luka ataupun korban jiwa. Akan tetapi, terkait kerugian materi yang diderita saat ini belum dapat diperhitungkan.

Frans menambahkan, proses pemadaman api pun tidak begitu memakan waktu. Sebab, dengan mudah petugas dapat mendekat ke titik lokasi. "Pukul 11.35 WIB, api dapat langsung dipadamkan," imbuhnya. Api pun, jelas dia, tidak merambat ke bangunan yang lain. Sebab perumahan di lokasi, tertata baik.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan