Selasa, 22 Januari 2013

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Filipina Bawa Sengketa Laut China Selatan ke PBB

Posted: 22 Jan 2013 06:02 AM PST

MANILA – Pemerintah Filipina menyatakan, mereka telah secara resmi melayangkan permintaan kepada Mahkamah Internasional untuk menangani sengketa yang dimilikinya dengan China di Laut China Selatan. Permintaan ini menjadi babak baru konflik sengketa wilayah antara Filipina dan China.

"Filipina telah kehabisan cara untuk menyelesaikan sengketa dengan China di Laut China Selatan. Kami harap Mahkamah Internasional dapat memberikan solusi yang terbaik," ujar Menteri Luar Negeri Filipina Albert del Rosario, seperti dikutip BBC, Selasa (22/1/2013).

Sengketa antara Filipina dengan China di Laut China Selatan sempat memanas setelah patroli kedua negara sempat bentrok tahun lalu. Selain dengan Filipina, China juga bersengketa dengan Vietnam, Malaysia, dan Brunei di Laut China Selatan.

Rosario menyebut pihaknya telah memanggil Duta Besar China di Filipina untuk memberitahukan keputusan negaranya untuk membawa kasus sengketa ke PBB. Selama ini China selalu menolak untuk mebawa kasus sengketa yang dimilikinya ke forum internasional.

Filipina membawa kasus sengketa tersebut berdasarkan peraturan yang terdapat dalam United Nations Conventions on the Law of the Sea (UNCLOS). UNCLOS adalah konvensi di PBB yang salah satunya mengatur wilayah perairan negara yang menjadi anggotanya.

Menurut Filipina, klaim China di Laut China Selatan bertentangan dengan peraturan yang terdapat di UNCLOS. Filipina pun meminta Mahkamah Internasional untuk menyatakan klaim China tersebut tidak sesuai aturan. Filipina memperkirakan Mahkamah Internasional membutuhkan waktu sekitar 3 hingga 4 tahun sebelum mengeluarkan keputusannya.(faj)

Usai Dipecat, Pria AS Langsung Kaya Mendadak

Posted: 22 Jan 2013 05:01 AM PST

OREGON - Seorang warga Amerika Serikat (AS) merasa putus asa ketika dirinya dipecat dari pekerjaannya. Tetapi dalam keadaan tidak punya uang, ia menyempatkan diri membeli lotere yang membuatnya kaya mendadak.

Lotere yang dibeli oleh Riley Gunn di Wolf Creek, Oregon ternyata membawa keberuntungan baginya. Menurut pihak the Oregon Lottery, Gunn memenangkan lotere dengan hadiah USD1 juta atau sekira Rp9,6 miliar (Rp9.625 per USD).

Gunn dikabarkan sudah mengambil hadiah loterenya 4 Januari lalu. Saat ini langsung membeli sebuah rumah untuk diri beserta keluarganya. Demikian diberitakan Fox News, Selasa (22/1/2013).

Kepada pihak the Oregon Lottery, Gunn mengatakan, pada awalnya dia mengetahui sudah memenangkan uang sebesar USD250 ribu atau sekira Rp2,4 miliar. Namun, dia menyadari memilih lotere Megaplier yang membuatnya menang lotere hingga empat kali lipat.

Kini, dengan hadiah uang sebesar itu, Gunn tentu bisa bernafas lega setelah dipecat dari pekerjaannya. Paling tidak, uang tersebut bisa memberikannya sebuah rumah.(faj)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan